Sekilas Tentang Buah Belimbing


 

Pertanianku – Belimbing diyakini berasal dari Ceylon dan Maluku. Sekarang, belimbing banyak ditanam di Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Indonesia, juga di Cina bagian selatan, Taiwan, serta India. Kulit buahnya tipis, transparan, mengilap seperti berlapis lilin. Panjang buah antara 5—15 cm, berbentuk bulat telur sampai bulat panjang; berdaging, banyak mengandung air, rasanya manis sampai asam, berusuk lima; bila dipotong melintang menyerupai bintang sehingga disebut juga starfruit atau star apple. Bijinya bisa mencapai 12, warnanya putih kotor kecokelatan, pipih, bentuknya elips dengan kedua ujung runcing.

Sekilas Tentang Buah Belimbing

Daun, buah, dan batang belimbing mengandung asam oksalat sehingga rasanya asam. Air perasan buah belimbing bisa dipakai untuk menghilangkan karat pada logam. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah belimbing juga merupakan sumber serat dan beta karoten. Orang sehat dianjurkan mengonsumsi daging buah belimbing saja dan membuang biji serta bagian tengah buah yang keras. Hal ini disebabkan adanya indikasi bagian tengah buah dan biji belimbing yang mengandung zat neurotoksik. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai asal munculnya zat neurotoksik tersebut.

  • Kandungan Nutrisi & Zat Berkhasiat

Buah belimbing mengandung protein, lemak, mineral (kalium, kalsium, fosfor, besi), vitamin (C dan B), beta karoten, kalsium oksalat, dan serat. Kadar kaliumnya tinggi sehingga penderita gagal ginjal dilarang mengonsumsi belimbing.

  • Khasiat

Buah rasanya asam, manis, sifatnya netral. Belimbing memiliki khasiat antiradang, antioksidan, peluruh urin (diuretik), dan meningkatkan produksi liur. Belimbing digunakan untuk membantu pengobatantekanan darah tinggi (hipertensi), batuk, tenggorokan sakit dan bengkak, haus, sakit gigi, kaki edema (bengkak air), sukar kencing, pembesaran limpa akibat penyakit malaria, dan wasir.

Daun bermanfaat untuk mengatasi kesulitan kencing, kulit gatal, tersiram air panas, dan koreng bernanah (piodermi). Akar digunakan untuk pengobatan sakit kepala kronis, nyeri sendi, mimisan, dan seminal emission (bocor sperma).

  • Cara Pemakaian
Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kakao dengan Cara Ini

Buah belimbing dimakan sebagai buah meja, direbus, dijus, atau sebagai campuran pada rujak buah. Ada juga produk industri berupa jus dalam kaleng.

Sumber: Buku Fakta Ilmiah Buah dan Sayur

loading...
loading...