Sekilas Tentang Buah Blueberry


Pertanianku – Blueberry berasal dari Amerika Utara dan Eropa. Ada sekitar 50 spesies blueberry, baik yang ditanam maupun tumbuh liar dengan berbagai varietas yang tumbuh di berbagai negara bagian di Amerika dan Kanada. Blueberry sekarang tersebar juga di Asia dan Australia.

Sekilas Tentang Buah Blueberry

Varietas blueberry antara lain cranberry (Vaccinium macrocarpon) dan bilberry (Vaccinium vitis-idaea). Kulit buahnya tipis (semitransparan), berwarna gelap; dari biru merah tua sampai ungu kehitaman, dengan permukaan berlapis ”bedak” yang berfungsi sebagai lapisan pelindung. Buah blueberry berkumpul dalam tandan, bentuknya bulat sampai oval dengan ukuran bervariasi dari sebesar kacang polong sampai sebesar kelereng. Blueberry berbiji kecil. Blueberry kaya vitamin C dan sejak zaman kuno berguna sebagai sumber makanan dan pengobatan.

  • Kandungan Nutrisi & Zat Berkhasiat

Blueberry merupakan buah berkandungan flavonoid tinggi, terutama antosianin, yaitu pigmen berwarna biru, ungu, dan merah yang berkhasiat antioksidan dan antiangiogenik. Antosianin juga menstabilkan jaringan kolagen yang ada pada kulit dan pembuluh darah vena sehingga jaringan tersebut menjadi lebih sehat, kuat, dan lentur. Buah ini juga sumber vitamin (C, E, riboflavin), mangan, serat larut dan tidak larut seperti pektin dan tanin. Setiap 100 g blueberry mengandung 57 kalori; 0,7 g protein; 0,3 g lemak; 14,5 g karbohidrat; 2,4 g serat; dan 9,9 g gula alami (fruktosa dan glukosa).

  • Khasiat

Blueberry berkhasiat antioksidan, antiradang, antibakteri, antiangiogenik (menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru ke jaringan tumor sehingga pertumbuhan tumor terhenti karena berhentinya pasokan makanan), dan laksatif ringan.

Kandungan antioksidan blueberry bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit alzheimer, penyakit mata (menerangkan penglihatan, mencegah berkembangnya katarak, glaukoma, diabetic retinopathy, dan melindungi mata terhadap degenerasi makula atau kerusakan jaringan mata), serta menghambat pertumbuhan kanker. Penelitian juga membuktikan, blueberry dapat digunakan untuk pengobatan gangguan sirkulasi darah seperti varises, wasir (hemoroid), dan tukak lambung (ulkus peptikum). Pengobat tradisional menggunakan blueberry untuk pengobatan baik diare maupun sembelit. Blueberry juga menjaga kesehatan saluran kencing karena mengandung senyawa yang sama seperti yang ditemukan pada cranberry, yaitu dapat mengeliminasi infeksi E. coli.

  • Cara Pemakaian
Baca Juga:  Memilih Pisang Jangan Sembarangan, Begini Caranya

Blueberry bisa dimakan sebagai buah meja, dijus, diblender dengan buah lain, atau sebagai campuran es krim, kue, salad, sereal, yoghurt, es krim, panekuk, muffin, roti, taburan kue, atau dibuat selai, jelly, dan buah kering.

 

Sumber; : Buku Fakta Ilmiah Buah dan Sayur

 

loading...
loading...