Sekilas Tentang Tanaman Melon

Pertanianku – Melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman buah semusim yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae. Melon berasal dari lembah panas Persia atau daerah Mediterania yang merupakan perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Tanaman ini menyebar luas ke Iran, Uzbekistan, Afghanistan, India, Spanyol, Cina, hingga Jepang.

Sekilas Tentang Tanaman Melon

Melon telah dibudidayakan sejak zaman kuno dan mulai dikenalkan di Amerika pada abad ke-14 yang dibawa oleh Colombus dan akhirnya ditanam luas di Colorado, California, dan Texas. Di Eropa, melon mulai dibudidayakan sejak abad ke-15. Bangsa Perancis padamasa Raja Charles VIII membawa melon ke negara mereka dari Naples, setelahkunjungannya ke Itali pada tahun 1495.

Loading...

Dikatakan bahwa buah baru tersebut diterima dengan antusiasme yang tinggi oleh beberapa orang, termasuk Paus Paulus II. Melon saat ini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia, terutama ke daerah tropis dan subtropis termasuk Indonesia.

Melon mulai dikembangkan di Indonesia sejak tahun 1980-an. Saat itu melon baru ditanam di Cisarua (Bogor) dan Kalianda (Lampung) oleh PT. Jaka Utama Lampung. Varietas melon yang ditanam berasal dari berbagai negara, tetapi yang terkenal hingga saat ini adalah melon yang berasal dari Taiwan. Sebelum tahun 1980, buah melon merupakan buah impor yang hanya dikonsumsi oleh kalangan atas, terutama tenaga ahli asing yang sedang bertugas di Indonesia.

Saat ini melon adalah buah yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah melon banyak disukai karena rasanya yang manis serta aromanya yang segar dan ringan (tidak terlalu menyengat). Buah yang telah masak dapat langsung dikonsumsi segar, dibuat jus, ataupun diolah menjadi kue, puding, dan aneka hidangan lainnya. Melon juga digunakan sebagai bahan baku atau perasa pada berbagai industri makanan dan minuman.

Baca Juga:  Tips Merawat Pohon Jambu Air Khiojok agar Bisa Berbuah Lebat

 

Sumber: Buku Bertanam Melon Eksklusif dalam Pot

Loading...
Loading...