Selain Aromanya yang Menggoda, Ternyata Manfaat Nangka Sangat Banyak

Pertanianku — Nangka merupakan salah satu buah yang memiliki aroma sangat tajam. Tak hanya aroma, rasanya yang manis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi buah nangka. Namun, selain aroma serta rasanya yang sangat menggoda, manfaat nangka sangat banyak untuk kesehatan.

manfaat nangka
foto: pertanianku

Mencegah kanker

Buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavone, dan saponin yang bekerja seperti antikanker dan antipenuaan. Fitonutrien dapat membantu tubuh untuk menghilangkan radikal bebas yang bisa menimbulkan sel kanker di dalam tubuh.

Loading...

Mencegah anemia

Kandungan zat besi di dalam buah yang sangat lezat ini cukup tinggi sehingga dapat mencegah anemia. Zat besi ini juga bisa membantu tubuh untuk memelihara sirkulasi darah agar tetap berjalan dengan baik.

Pencernaan

Manfaat nangka lainnya adalah menjaga sistem pencernaan dalam tubuh karena memiliki sifat antiulkus yang bisa membantu penyembuhan borok dan ganguan pencernaan lainnya. Kandungan serat buah nangka sangat bagus untuk mencegah sembelit yang disebabkan kekurangan serat serta membantu pergerakan usus halus.

Serat dalam nangka juga dapat memberikan perlindungan terhadap membran mukosa di usus besar dengan cara mengusir bahan kimia yang bersifat karsinogenik dari usus besar.

Memperkuat tulang

Nangka juga kaya akan magnesium, nutrisi yang sangat penting dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh. Hal ini akan membantu tubuh untuk memperkuat tulang serta mencegah gangguan tulang lainnya seperti osteoporosis.

Kesehatan mata dan kulit

Kandungan vitamin A pada nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Hal ini dapat mencegah penyakit mata lainnya seperti degenerasi macula dan rabun senja.

Menjaga kesehatan tiroid

Nangka mengandung tembaga, zat nutrisi yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan metabolisme tiroid, terutama untuk produksi hormon dan penyerapan sehingga kesehatan tiroid menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Pohon Sawo

Tekanan darah

Kandungan kalium dalam nangka mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Sumber energi

Nangka mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan glukosa yang bisa menjadi sumber energi yang dibuutuhkan oleh tubuh.

Loading...
Loading...