Selain Jeruk Mandarin, Ini Buah yang Sering Disajikan Saat Imlek

Pertanianku — Terdapat beberapa makanan khas yang sering disajikan pada perayaan Imlek, salah satunya adalah jeruk mandarin. Buah dengan cita rasa manis dan asam ini sangat mudah dijumpai ketika hari perayaan tiba. Buah jeruk secara harfiah diartikan sebagai buah pembawa rezeki. Warna oranye yang cantik menjadi simbol emas yang berkonotasi pada uang. Dahulu, konon, jeruk mandarin hanya disediakan untuk para pejabat di masa pengadilan Cina Kuno.

jeruk mandarin
foto: Pixabay

Ternyata, tak hanya buah jeruk mandarin yang disajikan saat Imlek. Ada juga beberapa jenis buah lain yang kerap disajikan juga. Simak ulasannya di bawah ini!

Aprikot

Aprikot terasa manis dan sering dikonsumsi secara langsung. Buah ini berwarna kuning cerah dan jika disatukan dengan tanamannya akan tampak sangat menarik. Aprikot dianggap dapat membawa keberuntungan karena merupakan simbol kekayaan dan emas.

Buah aprikot menyimpan berbagai nutrisi yang bagus buat tubuh. Mulai dari protein, serat, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, hingga zat besi. Selain itu, ada berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B, folat, C, dan E.

Apel

Apel terkenal sebagai simbol keberuntungan dan kejayaan. Hal ini karena di masa lampau, apel merupakan buah yang mahal dan mewah. Hanya orang-orang tertentu yang dapat memakannya. Apalagi, pada zaman dahulu, Cina masih mengimpor apel dari Korea dan Jepang. Itu sebabnya apel terkenal sebagai buah yang mahal.

Apel mengandung kalori, air, serat, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin (A, C, B6, dan folat). Buah apel tidak mengandung lemak dan protein. Buah apel berkhasiat laktasif, astringent, antidiare, antioksidan, antiradang, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah keriput.

Persik

Persik merupakan lambang keabadian dan awet muda. Uniknya, setiap bagian buah persik memiliki makna yang berbeda-beda. Bagian kelopak buah persik melambangkan cinta dan kebahagiaan yang akan datang di tahun depan. Persik sering diolah menjadi jus buah atau dimakan langsung.

Baca Juga:  Kiat Membasmi Hama Belalang Secara Alami

Buah persik mengandung kalori, lemak, karbohidrat, serat, protein, kalium, serta vitamin E dan K. Buah ini sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes.