Selain Mengobati Kanker, Ini Dia Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan


Pertanianku – Manfaat daun sirsak memang tidak bisa kita ragukan lagi. Banyak orang telah mengetahui bahwa daun sirsak menjadi salah satu bahan alami pembuatan obat herbal terutama untuk membantu menyembuhkan penyakit kanker ganas. Hal ini karena di dalam daun sirsak banyak kandungan yang tersimpan dalam daun sirsak untuk mengatasi permasalahan kesehatan.

Daun sirsak tak hanya dipercaya sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan kanker. Beberapa penyakit lainnya seperti asam urat, reumatik, dan bisul bisa disembuhkan dengan daun sirsak. Namun, orang-orang hanya mengetahui manfaat daun sirsak hanya untuk pengobatan kanker. Padahal, banyak penyakit lainnya bisa disembuhkan dengan daun sirsak.

Berikut cara membuat ramuan herbal dari daun sirsak untuk mengobati beberapa penyakit:

Mengobati kanker

Ambil sekitar 10 lembar daun sirsak yang sudah tua. Lalu, rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan sampai tersisa 1 gelas air saja. Minumlah 2 kali setiap harinya selama 2 minggu atau sampai kankernya benar-benar sembuh.

Mengobati asam urat

Ambil 6—10 daun sirsak yang sudah cukup tua tetapi masih hijau, kemudian cuci sampai bersih. Daun sirsak tersebut dipotong-potong untuk memastikan kandungan pada daun sirsak tersebut benar-benar keluar. Rebus daun tersebut yang sudah dipotong-potong dengan 2 gelas air, biarkan hingga mendidih sampai air tersisa hanya 1 gelas. Minum ramuan yang sudah dibuat tersebut sehari 2 kali, yaitu pagi dan malam hari.

Mengobati eksim dan reumatik

Tumbuk daun sirsak sampai halus terlebih dahulu. Selanjutnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri atau sakit karena reumatik atau eksim. Gunakan secara teratur 1 hari 2 kali.

Mengobati bisul

Ambillah daun sirsak muda, kemudian tempelkan daun tersebut pada daerah terkena bisul.

Cobalah untuk selalu rutin mengonsumsi air rebusan daun sirsak dan melakukan pemeriksaan ke dokter agar Anda dapat mengetahui perkembangannya. Ini adalah cara alami untuk mengobati beberapa penyakit tanpa risiko sedikit pun.

Baca Juga:  Jenis Tanaman yang Populer Sebagai Bahan Minuman

Bagaimana, cukup mudah bukan meramunya?