Selain Mengobati Sakit Mata, Kitolod Bisa untuk Sakit Gigi Berlubang

PertaniankuKitolod terkenal sebagai tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat tetes mata. Kitolod merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh hingga setinggi 50 cm. Ternyata, selain bisa dijadikan sebagai obat tetes mata, khasiat kitolod juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi karena berlubang.

kitolod
foto: Pertanianku

Tanaman ini lebih mudah dikenali dari daun dan bunganya. Daun tanaman berbentuk panjang, berwarna hijau, permukaannya kasar, bagian ujungnya meruncing, pangkal menyempit, dan bagian pinggirnya bergerigi. Sementara itu, bunga tanaman berbentuk seperti lonceng dengan tangkainya yang panjang. Mahkota daunnya berbentuk bintang dan berwarna putih bersih.

Bagian yang bisa dimanfaatkan untuk obat sakit gigi karena berlubang adalah daun kitolod. Bagian daun kitolod mengandung senyawa seperti politerol, alkaloid, dan flavonoid.

Gigi berlubang diawali dengan plak yang berasal dari sisa-sisa makanan yang mengandung gula seperti roti atau permen. Plak tersebut kemudian diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam. Asam dari plak secara perlahan akan mengikis lapisan gigi sehingga membentuk lubang pada gigi.

Beberapa faktor penyebab gigi berlubang antara lain jarang menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang manis atau asam, pertambahan usia, serta penggunaan obat-obatan yang rutin. Selain itu, gigi berlubang juga disebabkan oleh jarang membersihkan gigi.

Rasa sakit yang timbul akibat gigi berlubang terasa sangat mengganggu sehingga Anda tidak fokus untuk beraktivitas karena harus menahan rasa sakit tersebut.

Untuk menggunakan kitolod sebagai obat sakit gigi yang berlubang, Anda memerlukan dua lembar daun yang sudah dicuci hingga bersih. Setelah itu, daun ditumbuk hingga halus. Letakkan tumbukan daun di lubang gigi yang sedang terasa sakit. Diamkan selama beberapa saat hingga gigi sudah tidak terasa sakit.

Baca Juga:  Buah Makasar, Tanaman Obat untuk Mengatasi Disentri

Sebelum terkenal sebagai tanaman obat, kitolod merupakan tanaman liar yang tumbuh di saluran air sungai, sekitar pagar, dan di beberapa tempat yang lembap dan terbuka. Ketika ingin menggunakan kitolod sebagai obat herbal, Anda harus berhati-hati dengan getah kitolod yang berwarna putih karena beracun.

Penggunaannya tidak boleh lebih dari tiga lembar dalam satu kali. Bagian tanaman yang akan digunakan sebagai obat herbal harus dicuci hingga bersih.