Selain Pakan, Ini yang Memengaruhi Kualitas Susu Kambing

Pertanianku — Saat ini pasar untuk susu kambing masih terbuka lebar, apalagi pemainnya masih belum terlalu banyak. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menghadirkan produk susu kambing yang berkualitas.

susu kambing
foto: pertanianku

Pakan merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi saat Anda ingin mendapatkan susu yang berkualitas dengan jumlah yang banyak. Namun, nyatanya tak hanya pakan yang dapat memengaruhi kualitas susu, masih ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan agar susu yang dihasilkan berkualitas.

Semakin berkualitas susu yang dihasilkan, akan semakin disukai oleh konsumen dan harga jualnya menjadi lebih baik. Dengan begitu, proses pemasaran akan berlangsung lebih mudah. Itu sebabnya Anda tidak boleh mengabaikan hal-hal yang dapat memengaruhi kualitas susu kambing seperti di bawah ini.

Bibit kambing

Hal pertama tentu saja adalah pemilihan bibit yang baik. Jika Anda memilih kambing jenis etawa, pilihlah betina yang berbobot 20 kg. Sementara itu, kambing sanen dan varian lainnya mempunyai berat ideal sekitar 40 kg ke atas.

Kondisi kambing sehat

Saat memilih bibit, pilihlah kambing yang punya moncong basah, mata bersinar, lincah, nafsu makan normal, dan tak ada cacat. Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan kambing perah yang sedang diternakkan. Lindungi kambing dari serangan penyakit yang dapat mengganggu produksi susu.

Ambing kambing

Perhatikan bagian ambing kambing perah, pasalnya bagian ini cukup rentan diserang penyakit. Kambing perah yang baik memiliki bentuk ambing yang besar dan bulat akan bisa menghasilkan susu dalam jumlah banyak.

Sanitasi

Untuk menghasilkan susu yang sehat, Anda harus memastikan kandang tempat kambing tinggal bersih. Lakukan pembersihan rutin tiap sore hari. Pastikan kandang yang mereka tempati selalu kering, tidak lembap, dan mendapatkan sirkulasi udara. Selain itu, jangan bersihkan kandang saat kambing-kambing makan.

Baca Juga:  Kunci Sukses Mendapatkan Bakalan Sapi yang Ideal

Kandang yang bersih tak hanya dapat mendukung kambing untuk menghasilkan susu berkualitas, tetapi juga dapat melindungi kambing dari berbagai serangan penyakit yang berbahaya.

Pasteurisasi

Ketika Anda sudah memerah susu kambing, lakukan teknik seperti pasteurisasi untuk memastikan susu yang dihasilkan steril.