Selain Susu Sapi, Tiga Susu ini Juga Wajib Dikonsumsi Lho


Pertanianku – Hampir semua orang mengonsumsi susu sapi. Jadi, jangan ditanyakan lagi bagaimana populernya susu sapi. Susu ini sudah sangat banyak dimanfaatkan mulai dari susu bayi, susu anak-anak, orang dewasa hingga susu orang tua. Namun, tahukah Anda ternyata masih banyak lho beberapa jenis susu lainnya yang juga memiliki banyak manfaat.

Berikut tiga jenis susu hewani lain yang juga tak kalah bermanfaatnya dan dapat dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Susu ini juga bisa jadi alternatif pengganti susu sapi.

Susu kambing

Di Indonesia, susu kambing mulai populer beberapa tahun belakangan. Jenis kambing yang memproduksi banyak susu berkualitas adalah kambing saanen. Namun, ada juga beberapa jenis kambing perah dari jenis nubian, ettawa, toggenburg, lamancha, oberhasli, dan alpine. Khasiat susu kambing sangat beragam mulai dari mencegah penyakit seperti pikun akut atau alzheimer. Tak hanya itu, susu kambing juga dianggap sebagai obat alami sakit asma dan juga cocok jadi minuman diet.

Susu domba

Susu domba kerap diandalkan untuk menggantikan peran susu sapi dan susu kambing untuk orang yang alergi. Kandungan gizinya cukup tinggi tapi rendah lemak. Susu domba sangat baik dikonsumsi oleh orang yang terkena kolesterol. Sayangnya, susu domba masih agak sulit didapatkan. Susu ini bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan produk makanan dan minuman olahan.

Susu unta

Susu unta memiliki karakter kandungan lemak dan laktosa yang sedikit. Susu ini memiliki kandungan potassium, zat besi yang 10 kali lebih tinggi dibanding susu sapi, serta vitamin C yang lebih banyak 3 kali lipat dibanding susu sapi. Tak hanya itu, kandungan kolesterol susu unta juga jauh lebih rendah dibanding susu sapi. Susu unta diyakini memiliki khasiat ekstra untuk meringankan gejala autism, meredakan kram, dan sakit perut. Susu unta memiliki tekstur yang lebih kental dibanding susu sapi.

Baca Juga:  Brokoli Bisa Sehatkan Usus Bahkan Cegah Kanker
loading...
loading...