Semakin Cantik dengan Bayam, Bagaimana Caranya?

Pertanianku — Ingat kartun Popeye? Ia mendapat kekuatan besar setelah melahap bayam. Meski hanya tokoh imajinatif, pesannya begitu kuat bahwa bayam memberikan manfaat baik untuk tubuh.

bayam
Foto: Pixabaybayam

Tak hanya menjaga tubuh dari penyakit, berbagai kandungan baik yang ada di dalam bayam juga membawa manfaat bagi kecantikan. Salah satu yang terpenting adalah kandungan anti-oksidan di dalamnya. Bayam bisa jadi amunisi tepat untuk mendapatkan wajah cantik dan bersinar. Berikut manfaat bayam untuk wajah cantik.

  1. Lawan jerawat

Terus berhadapan dengan paparan debu dan kotoran membuat jerawat kerap bermunculan. Atasi jerawat yang terus datang dengan olahan masker bayam.

Loading...

Cukup oleskan masker bayam dan diamkan selama 20 menit. Dengan cara itu, kotoran terangkat sekaligus peradangan pada kulit pun berkurang. Tak hanya itu, kulit pun tampak lebih segar.

Sementara untuk pencegahan dan pemulihan kulit berjerawat, Anda bisa mengonsumsi olahan jus bayam. Mengutip Stylecraze, campurkan setengah buah tomat, seperempat mentimun, satu buah wortel, satu buah seledri, setengah buah paprika merah, setengah buah kubis, satu buah bawang bombai hijau, dan segenggam bayam.

  1. Kurangi tanda penuaan

Komponen anti-oksidan yang ada di dalam bayam berfungsi untuk melawan radikal bebas. Nama yang terakhir ini bertanggung jawab atas munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Agar kulit tetap segar dan tampak muda, masukkan bayam dalam asupan diet harian Anda.

  1. Lindungi kulit dari sinar UV

Kandungan vitamin B pada bayam berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar ultraviolet (UV) akibat paparan sinar matahari. Sebagaimana diketahui, sinar UV berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Pada tingkat paling parah, sinar UV bisa menyebabkan kanker kulit.

  1. Lindungi rambut dari kerontokan
Baca Juga:  Bonggol Pisang Punya Efek Antikanker

Kecantikan didukung dengan rambut yang indah, sehat, dan tidak rontok. Jaga agar rambut tetap sehat dengan memanfaatkan zat besi yang ada dalam bayam. Zat besi membantu sel darah merah menyuplai oksigen pada folikel rambut sehingga rambut tumbuh sehat.

Selain itu, bayam juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut dari kandungan vitamin C, B, E, zat besi, potasium, magnesium, dan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya.

  1. Kulit bersinar

Zat besi memainkan peran penting dalam aliran oksigen pada tubuh. Kekurangan zat bisa bisa berujung anemia dan tampilan kulit yang pucat. Anda bisa mengonsumsi bayam agar kulit lebih bersinar. Tambahkan bayam dengan asupan vitamin C untuk membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik. Untuk ini, Anda bisa menjadikan jus jeruk sebagai kawan menyantap bayam.

  1. Hilangkan mata panda

Mata panda alias lingkaran hitam di bawah mata sering kali tak bisa diselesaikan hanya dengan mengoleskan concealer. Untuk melengkapinya, Anda bisa menggunakan bayam. Kandungan vitamin K yang ada di dalamnya mampu mengurangi penampakan lingkaran hitam pada mata.

Mengutip Good Health Hall, vitamin K merupakan nutrisi penting untuk memperkuat dinding pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan memastikan kelancaran sirkulasi darah.

Loading...
Loading...