Semangka Baby Black Sweet Mulai Panen Perdana di Wonogiri

Pertanianku Semangka baby black sweet yang ditanam di Dusun Marekan Desa Pule Kecamatan Selogiri sudah mulai memasuki musim panen perdana. Panen perdana tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Ketua Komisi I DPRD Bambang Sadriyanto, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wonogiri, Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, serta Camat dan Sekcam Selogiri.

semangkan baby black
foto: pixabay

Semangka baby black sweet tersebut memiliki potensi keuntungan yang menarik sehingga sangat menjanjikan untuk dibudidayakan. Keunggulan baby black sweet terletak pada daging buah bertekstur renyah, rasanya manis, dan ukurannya tidak terlalu besar sehingga bisa masuk ke pasar premium bekerja sama dengan Sweety Farm di Jakarta. Sweety Farm sendiri telah menjalankan usaha dalam bidang yang sama di Jawa Barat.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengajak petani di Kabupaten Wonogiri untuk mengembangkan budidaya tanaman hortikultura seperti semangka baby black sweet. Budidaya hortikultura tersebut dianggap dapat meningkatkan pendapatan petani di luar tanaman pangan.

Pasalnya, petani di daerah tersebut masih terlalu bergantung pada pola tanam padi-padi-pantun. Padahal, pendapatan dari bertanam padi tidak begitu besar. Untuk meningkatkan kesejahteraan petani tentu dibutuhkan inovasi dan teknologi sehingga petani di Kabupaten Wonogiri dapat lebih mandiri.

“Petani kita masih terbiasa dengan pola tanam padi-padi-pantun, saya sangat paham karena masa kecil saya bertani, kemudian sebelum menjadi Bupati, saya adalah ketua Gapoktan,” tutur Joko Sutopo seperti dilansir dari laman cybex.pertanian.go.id.

Petani di Kabupaten Wonogiri masih kerap mengalami permasalahan klasik seputar permodalan. Padahal, saat ini persoalan tersebut sudah bisa diatasi dengan bantuan akses permodalan ke perbankan yang tengah digencarkan oleh Kementerian Pertanian.

Pada kesempatan yang berbeda, Suwarno dari Sweety Farm menjelaskan bahwa semangka baby black sweet merupakan produk hortikultura premium. Petani memerlukan modal sebesar Rp24.000 dan bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp40.000 per pohon, dari buah grade A yang berbobot 2—3 kg. Pangsa pasar premium memang membutuhkan buah yang tidak terlalu besar, tetapi berkualitas bagus.

Baca Juga:  Pemangkasan Belimbing yang Tidak Membuat Tanaman Merana

Sekilas teknik budidaya semangka baby black sweet hampir mirip dengan budidaya melon. Petani perlu menggunakan ajir bambu untuk merambat. Satu tanaman bisa menghasilkan buah lebih dari satu. Petani perlu melakukan pembuahan untuk menghasilkan buah semangka yang tidak berbiji dengan proses pematangan yang dilakukan secara bertahap, dimulai dari buah yang berada di bawah.