Sembuhkan Anemia dengan Melinjo

Pertanianku — Daun serta buah melinjo biasa digunakan untuk campuran sayuran asem atau lodeh. Bagian buahnya sering diolah menjadi emping yang lezat. Anda pun bisa menggunakan melinjo untuk menyembuhkan anemia dan beberapa jenis penyakit lainnya.

anemia
foto: pixabay

Hal ini dikarenakan pada daun melinjo mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan pada bagian bijinya mengandung tanin, saponin, dan flavonoid. Seluruh kandungannya tersebut dapat menimbulkan efek farmakologis menjadi peluruh kencing. Dalam melinjo juga mengandung anti-oksidan yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain menyembuhkan anemia yang sedang Anda derita, melinjo juga bisa mengobati sakit mata, busung lapar, sakit mata, dan peluruh air seni. Untuk obat anemia, Anda bisa menggunakan buah atau daunnya. Anda hanya perlu memakan daun dan biji melinjo yang sudah dimasak menjadi sayur secara rutin untuk menyembuhkan anemia yang sedang kambuh hingga sembuh. Selain itu, penyakit busung lapar pun dapat disembuhkan dengan cara yang sama.

Loading...

Tanaman ini sangat mudah untuk ditemui di Indonesia karena sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Nusantara. Di Aceh, bunga dan daunnya dimanfaatkan menjadi sayuran tradisional yang bernama kuah pilek.

Namun, Anda harus hati-hati saat mengonsumsi emping. Menurut riset yang sudah dilakukan di Jepang, emping dapat menyebabkan asam urat. Sebaiknya, konsumsi emping dalam jumlah yang wajar saja, jangan berlebihan.

Sejauh ini belum ditemukan kontraindikasi terkait penggunaan melinjo sebagai obat herbal. Namun, untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter jika ingin mengonsumsi melinjo sebagai obat agar mendapatkan informasi yang tepat dari ahlinya.

Melinjo juga bisa mengobati Anda yang habis terkena gigitan anjing. Gunakan buah melinjo muda atau daun secukupnya, 2 siung bawang putih atau bawang merah, dan 1 jari temulawak. Tumbuk halus semua bahan hingga menjadi bubur. Balurkan bubur ramuan tersebut pada area yang terkena gigitan anjing.

Baca Juga:  Petani Kulonprogo dan Majalengka Panen Bawang Bombai

Jika ingin digunakan sebagai obat peluruh kencing, gunakan bagian kulit buah sebanyak 50 gram, lalu kukus. Kulit tersebut bisa dimakan untuk memperlancar air seni Anda.

 

 

 

Loading...
Loading...