Sembuhkan Flu akibat Udara Dingin di Musim Hujan

Pertanianku — Saat musim hujan tiba, suhu di sekitar akan menurun. Pada saat itu, angin yang berembus cenderung lebih dingin dibanding biasanya. Anda harus menjaga sistem imun agar tidak jatuh sakit. Salah satu penyakit yang sering hadir adalah flu akibat udara dingin.

flu karena udara dingin
foto: pertanianku

Anda bisa memanfaatkan beberapa macam rempah untuk menghangatkan tubuh Anda dan mengusir flu yang datang akibat dingin. Berikut ini beberapa racikan ramuan sederhana untuk menyembuhkan flu akibat udara dingin yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Ranting kayu manis muda

Loading...

Bahan-bahan:

  • Ranting kayu manis muda 1,5—6 gram
  • Air setengah cangkir

Ramuan ini dibuat dengan cara merebus ranting kayu manis muda dengan air hingga mendidih. Lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu, airnya bisa diminum sebanyak 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

Herba bandotan kering

Bahan-bahan:

  • Herba bandotan kering 10—30 gram
  • Air 2 gelas

Ramuan ini dibuat dengan merebus herba bandotan kering dengan 2 gelas air hingga air menyusut sisa 1 gelas saja. Ramuan ini bisa diminum 2 kali sehari, dosis satu kali minum sebanyak setengah gelas. Ramuan ini tidak bisa diminum oleh ibu hamil.

Belimbing manis

Anda bisa menyembuhkan flu akibat udara dingin pada musim hujan dengan membuat jus belimbing manis yang dibuat dari belimbing manis segar sebanyak 90—120 gram. Selain menyehatkan, jus belimbing memiliki rasa yang segar.

Kulit kayu putih kering

Bahan-bahan:

  • Kulit kayu putih kering 6—10 gram
  • Air 3 gelas

Ramuan ini dibuat dengan merebus kulit kayu putih yang sudah dipotong-potong kecil dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air rebusan yang sudah dingin disaring dan bisa diminum sekaligus semuanya.

Tanaman ciplukan

Bahan-bahan:

  • Tanaman ciplukan 9—15 gram
  • Air 4 gelas
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Kapalan dengan Ramuan Herbal

Ramuan ini dibuat dengan merebus tanaman cipulkan dengan air sebanyak 4 gelas hingga air menyusut sisa 2 gelas. Setelah dingin, air ramuan bisa diminum sebanyak 2 kali sehari dengan dosis sekali minum sebanyak 1 gelas.

 

Loading...
Loading...