Sembuhkan Koreng dengan Daun Belimbing Manis

PertaniankuKoreng merupakan jaringan kulit yang terbentuk karena luka. Koreng merupakan reaksi alami dari tubuh untuk melindungi kulit yang terluka. Koreng yang timbul pada dasarnya bisa hilang dengan sendirinya, tetapi akan membutuhkan waktu yang lama. Daun belimbing manis ternyata dapat menjadi obat alami untuk mengobati koreng.

koreng
foto: pixabay

Koreng yang timbul terkadang menyebabkan rasa gatal dan mengganggu dari sisi keindahan kulit. Koreng yang timbul tidak disarankan untuk diganggu atau dikorek. Bekas luka yang dipaksa mengelupas sebelum waktunya dapat memicu infeksi. Oleh karena itu, jaga selalu kondisi koreng agar tetap bersih hingga terlepas sendiri dari kulit.

Penyakit ini pada dasarnya dapat diobati jika hendak menghilangkannya dalam waktu yang cepat. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah penggunaan salep atau tindakan medis lainnya. Namun, Anda masih dapat melakukan penyembuhan luka koreng lebih cepat dengan cara yang lebih alami.

Loading...

Hal pertama yang dilakukan adalah jangan menggaruk bahkan mengupasnya karena jika dilakukan, akan memperlambat proses penyembuhan. Selanjutnya, kompres area luka dengan kompres hangat yang berfungsi untuk mengalirkan darah menuju luka. Pasokan oksigen yang dibawa oleh darah mampu mempercepat kulit untuk beregenerasi.

Jaga kelembapan area luka dengan menggunakan pelembap seperti minyak kelapa, losion, atau salep. Menjaga kelembapan luka juga dapat meringankan rasa gatal yang timbul.

Anda dapat menggunakan ramuan daun belimbing manis untuk membantu mempercepat penyembuhan. Bahan yang dibutuhkan adalah daun belimbing manis segar secukupnya dan air sebanyak 3 gelas. Cara meramunya adalah dengan merebus daun belimbing dengan 3 gelas air hingga airnya surut tersisa 1 gelas.

Cara penggunaan ramuan tersebut adalah air rebusan yang masih hangat digunakan untuk mencuci bagian luka yang sakit.

Baca Juga:  Perhatikan Cara Ini Agar Pohon Anggur Indah Dilihat

Buah belimbing sendiri mengandung khasiat antiradang, anti-oksidan, dan kaya akan kandungan vitamin C. Daun belimbing memiliki manfaat untuk mengatasi kesukaran berkemih, kulit tersiram air panas, kulit gatal, radang lambung, serta radang kulit bernanah dan koreng bernanah (pioderma). Selain itu, daun, akar, dan bunga belimbing juga dapat menyembuhkan penyakit maag, bisul, rematik, dan malaria.

Loading...
Loading...