Sembuhkan Rematik dan Pegal Linu dengan Daun Pandan

Pertanianku — Rematik dan pegal linu merupakan penyakit yang menyebabkan sakit pada bagian sendi dan otot. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pada sendi dan jaringan di sekitarnya. Hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan menghambat aktivitas sehari-hari. Anda bisa sembuhkan rematik dan pegal linu dengan obat herbal yang terbuat dari daun pandan.

sembuhkan rematik
foto: pertanianku

Daun pandan sering dimanfaatkan menjadi tambahan bumbu masakan untuk memberikan aroma harum pada masakan. Tanaman yang tumbuh menyemak ini biasanya dimanfaatkan bagian daunnya. Pada daunnya terdapat kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, polifenol, dan zat warna.

Daun beraroma harum ini bersifat sejuk. Dari kandungan yang dimilikinya, pandan memiliki efek farmakologis menjadi penguat saraf, penambah nafsu makan, penenang, lemah saraf, sakit disertai gelisah, tekanan darah tinggi, rematik, dan pegal linu. Bahkan, pandan bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, yaitu merawat dari kerontokan, ketombe yang kerap muncul, dan menghitamkan warna rambut.

Anda bisa membuat obat herbal dari daun pandan untuk sembuhkan rematik dan pegal linu dalam dua versi. Sebenarnya, belum ada kontraindikasi akibat konsumsi daun pandan, tetapi sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang wajar dan lakukan konsultasi pada dokter atau herbalis agar semakin yakin.

Ramuan pertama

Bahan-bahan:

  • Daun pandan 4 lembar
  • ½ cangkir minyak kelapa

Cara membuat:

  • Iris tipis-tipis daun pandan dan campurkan ½ cangkir minyak kelapa. Panaskan ramuan sambil diaduk hingga merata.
  • Diamkan ramuan hingga dingin.

Ramuan dapat dibalurkan pada bagian tubuh yang terasa pegal linu dan rematik. Anda bisa melakukan treatment ini secara rutin hingga pegal linu dan rematik sembuh.

Ramuan kedua

Bahan-bahan:

  • 5 lembar daun pandan
  • Batang sereh secukupnya
  • Minyak kayu putih secukupnya
Baca Juga:  Rosella, Bunga yang Kaya Manfaat

Cara membuat:

  • Cuci bersih 5 lembar daun pandan wangi segar dan batang sereh, lalu tumbuk hingga halus.
  • Tambahkan minyak putih secukupnya dan aduk hingga rata.

Ramuan tersebut bisa Anda oleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit akibat pegal linu dan rematik.

Selain menjadi campuran bahan masakan untuk memberikan aroma harum dan obat herbal, daun pandan juga sering digunakan untuk hiasan sanggul pengantin yang dipadukan dengan bunga melati, cempaka, mawar, dan kenanga. Pandan juga bisa dijadikan pengharum lemari pakaian dan sering digunakan dalam campuran bunga tujuh rupa.

 


loading...