Sembung Rambat Berkhasiat Mengobati Luka dan Gatal-gatal

Pertanianku Sembung rambat atau Mikania micrantha merupakan tanaman merambat yang sering digunakan sebagai tanaman hias untuk menambah kesan asri pada pekarangan rumah. Selain memberikan kesejukan, ternyata sembung rambat bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi luka dan gatal-gatal.

sembung rambat
foto: By © 2009 Jee & Rani Nature Photography (License: CC BY-SA 4.0), CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=9835361

Tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda di beberapa daerah. Nama sembung rambat lebih sering digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa. Di daerah Madura, tanaman ini terkenal dengan sebutan kioki.

Sembung rambat tumbuh merambat dengan batang sukulen dan sering bercabang banyak. Tanaman bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 6 cm. Daun tanaman berbentuk hati, tangkainya tegak dan tersusun saling berhadapan. Bunganya berukuran kecil-kecil berwarna pink keputihan.

Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat luka dan gatal adalah daun tanaman. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya tinggal meremas-remas daun yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, remasan daun diletakkan pada bagian kulit yang bermasalah. Pengobatan perlu dilakukan beberapa kali hingga rasa gatal menghilang.

Tanaman ini memiliki daya panjat yang cukup tinggi sehingga bisa merambat dengan cepat pada tumbuhan yang berada di dekatnya. Oleh karena itu, keberadaan sembung rambat yang tidak dipelihara secara rutin dapat membahayakan tanaman di sekitarnya.

Di beberapa daerah, tanaman ini termasuk gulma yang mengganggu karena jumlah populasi tanaman terlalu besar. Akibatnya, tanaman sering dihilangkan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman atau ladang perkebunan.

Jika Anda tertarik untuk memelihara tanaman merambat ini, pastikan dipelihara secara rutin agar pertumbuhannya lebih terkontrol.

Di dalam daun tanaman terkandung aspek fitokimia minyak esensial yang sangat berguna untuk dunia kesehatan. Terdapat 15 senyawa bioaktif yang diidentifikasikan berpotensi untuk dijadikan bahan obat.

Baca Juga:  Manfaat AJaib Buah Delima

Hingga saat ini belum ada literatur yang membahas efek samping dari penggunaan sembung rambat sebagai obat luka dan gatal-gatal. Namun, Anda harus pastikan daun yang digunakan bersih dari debu dan kotoran. Pasalnya, kotoran yang menempel di daun bisa menjadi sumber penyakit pada kulit yang sedang rentan terinfeksi.