Semerbak, Gunakan Tanaman Hias Ini untuk Usir Bau

Pertanianku — Tanaman hias biasanya ditanam karena bisa memberikan keindahan di halaman ataupun bagian dalam rumah. Meskipun demikian, ada beberapa jenis tanaman hias yang ditanam karena aromanya yang harum. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias harum yang biasa ditanam.

Kenanga

tanaman hias harum
Foto: grampasgarden.com

Bunga kenanga memang tidak semencolok bunga pada tanaman hias lainnya. Namun, aroma dari bunga kenanga sangat kuat. Tanaman hias harum ini banyak ditanam di pekarangan rumah dan bunganya banyak dimanfaatkan untuk acara adat. Bunga kenanga sendiri berwarna kuning dengan bagian kelopaknya berwarna hijau.

Loading...

Melati

tanaman hias harum
Foto: pixabay

Tanaman hias harum tak lengkap tanpa kehadiran bunga melati. Bunga yang satu ini memiliki nama ilmiah Jasminum sambac dan sangat banyak ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Bunga melati berwarna putih dengan aroma yang sangat khas. Aroma ini akan menguat di malam hari. Tanaman melati dapat tumbuh merambat hingga mencapai ketinggian 5 meter. Biasanya, tanaman ini dililitkan pada pohon lain atau tiang rambatan.

Kaca piring

tanaman hias harum
Foto: gardenia.net

Bunga kaca piring dikenal juga sebagai bunga gardenia, atau nama ilmiahnya Gardenia augusta. Tanaman ini merupakan tanaman hias berukuran besar yang bisa ditanam dalam pot ataupun ditanam langsung di halaman rumah.

Ciri khas bunga kaca piring adalah warnanya yang putih bersih. Kelopak kaca piring hampir mirip dengan kelopak mawar yang tumbuh bertumpuk. Ketika sudah mekar, bunga ini akan mengeluarkan aroma yang harum dan khas.

Sedap malam

tanaman hias harum
Foto: herbalveda.co.uk

Nama lain dari tanaman sedap malam adalah arumdalu. Bila didekati, penampakan dari bunga sedap malam hampir mirip dengan aroma bunga melati. Namun, warna sedap malam cenderung lebih kehijauan.

Sama seperti melati, sedap malam juga akan mengeluarkan aromanya pada malam hari. Sedap malam juga bisa ditanam dalam pot. Anda bisa meletakkan tanaman hias harum ini di dalam ruangan. Hal ini karena sedap malam tidak memerlukan cahaya matahari dalam jumlah banyak.

Kamboja

tanaman hias harum
Foto: pixabay

Tanaman kamboja dikenal sebagai salah satu tanaman hias harum karena bunganya yang sangat wangi. Bunga ini pun identik dengan pemakaman karena tanaman kamboja sering ditanam di daerah pemakaman.

Aroma bunga kamboja akan lebih semerbak di malam hari, sama seperti bunga melati dan sedap malam. Aroma ini digunakan kamboja untuk menarik serangga agar bisa menyerbukinya.

Loading...
Loading...