Semua Bagian Tanaman Kelor Berkhasiat

Pertanianku — Tak hanya daun kelor yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman kelor sering disebut sebagai miracle tree karena semua bagian tanaman ini terbukti berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Tiap bagian tanaman kelor memiliki kandungan zat aktif yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikannya dengan jenis penyakit yang akan disembuhkan.

tanaman kelor
foto: Pixabay

Daun kelor

Daun kelor terkenal dapat digunakan sebagai antimikroba, antibakteri, antiinflamasi, mengatasi infeksi, virus Ebstein Barr (EBV), virus herpes simplek, HIV, AIDS, cacingan, bronchitis, gangguan hati, antitumor, demam, kanker prostat, kanker kulit, anemia, diabetes, tiroid, gangguan saraf, kolik di saluran pencernaan, rematik, sakit kepala, antioksidan, super protein dan mineral, serta tonik.

Daun kelor mengandung beberapa senyawa aktif seperti arginin, leusin, dan metionin. Kandungan arginin berperan meningkatkan imunitas kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Kulit batang

Anda dapat memanfaatkan kulit batang tanaman kelor untuk menetralisir racun ular dan kalajengking. Bagian tanaman ini juga sering digunakan sebagai kontrasepsi dan afrodisiak. Zat yang terkandung di dalamnya dapat menghancurkan tumor dan menyembuhkan bisul.

Getah batang kelor

Getah tanaman kelor dapat berfungsi sebagai antimikroba, antitifoid, dan meredakan demam, asma, disentri, antiinflamasi, rematik, serta gangguan saraf. Getah juga dapat digunakan untuk mengatasi karies gigi. Getah yang dicampur dengan minyak wijen dapat menjadi obat untuk sakit kepala, demam, gangguan usus, disentri, dan asma.

Akar

Akar tanaman kelor dapat dijadikan bumbu yang dapat merangsang nafsu makan. Bagian tanaman ini bersifat antimikroba, menghilangkan karang gigi, flu, demam, asma, penguat jantung, antiiflamasi, rematik, bengkak kaki, sakit kepala, menyegarkan kulit, dan menjaga kesehatan organ reproduksi.

Bunga kelor

Bunga kelor dapat digunakan untuk mengatasi flu dan pilek berat. Bagian ini dapat menyembuhkan radang tenggorokan, penyakit otot, tumor, pembesaran limfa, serta menurunkan kolesterol dan lemak fosfolipid.

Baca Juga:  Ramuan Jamu untuk Mengatasi Muntah Darah

Buah kelor

Buah polong kelor mengandung protein dan serat yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit gizi buruk dan diare. Buah kelor juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah cacingan.

Biji kelor

Biji kelor yang sudah tua bermanfaat sebagai antimikroba, antibakteri, kutil, penyakit kulit ringan, antitumor, luka lambung, demam, rematik, antiinflamasi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjadi sumber nutrisi.