Seorang Warga di Sumatera Barat Pelihara Beruang Madu


Pertanianku – Beruang madu betina yang berumur sekitar empat tahun diserahkan pemiliknya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat. Saat diserahkan, beruang betina ini berada dalam kondisi sehat.

Seorang Warga di Sumatera Barat Pelihara Beruang Madu

Menurut pihak BKSDA, beruang ini dipelihara warga Kampung Ilalang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Si pemilik sebenarnya sudah memiliki tempat yang memadai untuk menampung hewan buas tersebut, tapi ia tak sanggup lagi membayar biaya makan beruang tersebut.

“Beruang ini dipelihara sejak kecil. Beruang ini diserahkan setelah berusia empat tahun, pemilik tak sanggup membiayai makannya,” ungkap Kasat Polhut BKSDA Sumatera Barat, Zulmi Guslur, dikutip dari Liputan6 (27/5).

Saat ini, beruang tersebut diamankan dalam kerangkeng di Kantor BKSDA Sumbar, Jalan Khatib Sulaeman, Padang, Sumbar. Untuk sementara, hewan ini akan diamankan sebelum dilepaskan ke alam bebas. Beberapa waktu lalu, BKSDA Sumbar juga mengamankan bayi beruang madu yang terperangkap jerat di Solok Selatan. Beruang madu kerap ditemukan di kawasan hutan di Sumatera Barat.