Seperti Ini Ciri-ciri Benih Tanaman Berkualitas Baik

Pertanianku — Hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak membudidayakan tanaman, yaitu benih. Benih berpengaruh besar terhadap tingkat produktivitas tanaman ke depannya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri benih tanaman yang berkualitas baik.

benih tanaman
Foto: Pixabay

Para petani telah sepakat bahwa setidaknya terdapat 4 ciri-ciri apakah suatu benih memiliki kualitas yang baik atau tidak. Keempat ciri tersebut sebagai berikut.

1. Benih bersih dari kotoran

Benih yang bermutu baik selalu memiliki kondisi fisik yang bersih, terutama untuk benih yang besertifikat. Bukan hanya bersih dari kotoran saja, melainkan juga bersih dari gulma, tanah, pasir, atau kerikil. Pada saat benih-benih ini ditanam, benih yang berkualitas akan menunjukkan sifat-sifat yang sama sesuai dengan kelompoknya.

2. Benih berisi atau bernas

Suatu benih bisa dikatakan bernas apabila benih tersebut berisi, tidak hampa, dan tidak kopong. Cara yang paling tepat untuk mengetahui bernas tidaknya suatu benih tanaman dapat dilakukan dengan metode penimbangan.

Jika saat ditimbang benih tersebut menunjukkan berat yang tidak jauh berbeda dengan bobot benih-benih lainnya, artinya benih tersebut mengandung isi. Metode lainnya bisa juga dilakukan dengan perendaman, di mana benih yang bernas ditandai dari benih-benih yang tenggelam di dalam air.

Akan tetapi, Anda juga tetap perlu waspada sebab ada beberapa benih tanaman yang tetap memiliki berat standar dan tenggelam di dalam air meskipun kondisi sebenarnya hampa/kopong. Benih yang seperti ini umumnya mengandung cadangan makanan yang lebih banyak.

Standar utama yang dapat dipakai untuk mengukur benih berisi ialah 1.000 biji untuk benih tanaman yang berukuran kecil dan 100 biji untuk benih tanaman yang berukuran besar.

3. Benih berwarna cerah

Baca Juga:  Begini Cara Buat Perangsang Akar Organik yang Mudah

Percayakah Anda kalau aspek warna ini bisa menunjukkan mutu yang dimiliki oleh suatu benih. Terutama untuk mengetahui lama waktu penyimpanan dan tingkat kesehatan benih tersebut. Benih yang mempunyai kualitas baik biasanya berwarna cerah dan terang sesuai dengan warna aslinya.

Sebaliknya, benih yang disimpan di lingkungan yang tidak terkendali atau terkontaminasi patogen, akan menunjukkan warna kusam dan tidak sesuai dengan warna aslinya.

4. Benih berukuran normal dan seragam

Anda bisa memperkirakan kualitas benih tanaman dengan memperhatikan ukuran besar kecilnya volume setiap benih. Benih yang baik sering kali memiliki ukuran normal serta tidak terlalu besar/kecil. Selain itu, ukuran benih-benih tanaman tersebut juga harus seragam.

Kenapa? Ini karena benih yang berukuran normal dan seragam memiliki struktur embrio dan cadangan makanan yang cukup untuk melanjutkan pertumbuhannya.

Loading...