Seperti Ini Karakteristik Pupuk Kompos


Pertanianku — Selain menyediakan nutrisi bagi tanaman, pupuk kompos bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia, dan biologi tanah. Karakteristik pupuk kompos bisa dilihat dari kegunaannya sebagai komponen penting untuk pertumbuhan tanaman.

Karakteristik pupuk kompos
Foto: Shutterstock

Secara fisik, kompos meningkatkan kemampuan tanah untuk menyimpan air sebagai cadangan di saat kekeringan. Kompos juga membuat tanah menjadi gembur dan cocok sebagai media tumbuh akar tanaman.

Pada tanah tipe pasir sekalipun, material kompos berguna menjadi perekat sehingga tanah menjadi lebih solid. Sementara, pada tanah liat atau tanah lempung, kompos berfungsi menggemburkan tanah agar tidak terlalu solid.

Secara kimiawi, pupuk kompos bisa meningkatkan tukar kation dalam tanah. Karena semakin banyak kandungan organik dalam tanah, semakin baik kapasitas tukar kationnya. Kapasitas tukar kation berfungsi melepaskan unsur-unsur penting agar bisa diserap dengan mudah oleh tanaman.

Secara biologi, pupuk kompos adalah media yang baik bagi organisme tanah untuk berkembang biak, baik itu dari jenis mikroorganisme maupun satwa tanah lainnya. Aktivitas mikroorganisme dan satwa tanah akan memperkaya tanah dengan zat hara penting bagi tanaman.

Pupuk kompos yang baik memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut.

  • Baunya sama dengan tanah, tidak berbau busuk.
  • Warna cokelat kehitaman, berbentuk butiran gembur seperti tanah.
  • Jika dimasukkan ke air, seluruhnya tenggelam, dan air tetap jernih tidak berubah warna.
  • Jika diaplikasikan pada tanah, tidak memicu tumbuhnya gulma.
Baca Juga:  Pengolahan Lahan untuk Mencegah Penyakit Tanaman Sayur
loading...
loading...