Seperti Ini Ukuran Kandang Ayam Petelur yang Ideal


Pertanianku — Salah satu faktor pendukung suksesnya ternak ayam petelur adalah persiapan kandang. Ternyata, mengetahui ukuran kandang ayam petelur yang ideal itu penting. Anda harus bisa memanfaatkan lokasi yang sempit, serta biaya yang terbatas namun mendapatkan hasil yang maksimal.

ukuran kandang ayam petelur
Foto: Google Image

Bagi pemula yang mempunyai modal cukup, tentu mereka akan membeli kandang yang sudah jadi, tapi bagi yang modalnya tipis tentu harus memutar otak, yaitu dengan cara membuat kandang sendiri. Lalu, bagaimana cara membuat kandang yang murah tapi tidak murahan dan terkesan modern?

Bahan membuat kandang

Untuk bahan-bahannya bisa menggunakan bilahan bambu, kayu reng, atau kawat.

Ukuran standar kandang baterai

  1. Panjang 120 cm × lebar 35 cm × tinggi depan 42 cm × tinggi belakang 37 cm, ukuran tersebut bisa disekat menjadi 4 pintu, dengan masing-masing sekat diisi 2 ekor ayam. Jadi, kandang ini dapat menampung 8 ekor ayam dengan posisi kepala berada di dalam.
  2. Panjang 120 cm × lebar 35 cm × tinggi depan 35 cm × tinggi belakang 28 cm, ukuran tersebut modelnya sama dengan nomor (1), dapat menampung 8 ekor ayam, tapi dengan posisi kepala berada di luar.
  3. Panjang 120 cm × lebar 35 cm × tinggi depan 42 cm × tinggi belakang 37 cm, ukuran ini sama dengan ukuran nomor (1) hanya saja model ini disekat menjadi 6 pintu dan setiap satu pintu diisi satu ekor ayam sehingga hanya bisa menampung 6 ekor ayam.
  4. Panjang 120 cm × lebar 35 cm × tinggi depan 35 cm × tinggi belakang 28 cm, ukuran ini modelnya sama dengan nomor (2) tapi versi minimalis, dan dapat menampung 6 ekor ayam.

Tempat makan dan minum

Baca Juga:  Kenapa Sapi Lumpuh Mendadak? Ini Penjelasannya!

Tempelkan tempat makan dan minumnya di bagian depan kandang dan untuk tempat makannya taruh di bawah tempat minum. Sebab, apabila tempat makanya ditaruh di atas, sisa-sisa makanan yang jatuh akan mengotori air minumnya. Untuk bahan tempat makan dan minumnya, bisa menggunakan pipa paralon atau kayu yang dibuat panjang sesuai ukuran kandang.

Lokasi penempatan kandang

Lokasi penempatan kandang juga perlu diperhatikan, yaitu harus jauh dari pemukiman, harus selalu kering, lantai biarkan dari tanah agar air dari kotoran bisa meresap. Buatlah kandang tanpa dinding agar bau serta zat-zat amoniak dari kotoran ayam dapat tertiup angin.

Untuk kandang model baterai dapat dibuat bersusun atau bertingkat maksimal 3—4 tingkat. Namun, susunannya jangan dibuat vertikal, kandang yang atas disusun lebih ke belakang agar kotorannya tidak jatuh ke kandang yang ada di bawahnya.