Seputar Pentingnya Pakan Ayam

Pertanianku – Untuk meningkatkan kualitas ayam kampung, dibutuhkan kandang yang memenuhi syarat. Selain itu, vaksinasi yang banyak diberikan pada ayam ras pun sebenarnya dibutuhkan oleh ayam kampung. Tak kalah pentingnya, kualitas pakan tidak boleh diabaikan.

Seputar Pentingnya Pakan Ayam

Seperti juga pada makhluk hidup lain, pakan merupakan salah satu aspek yang amat vital bagi hidup ayam. Tanpa makanan yang cukup, pertumbuhan dan produksi ayam kampung dapat terganggu. Ayam dapat tumbuh kurus, pertumbuhannya lambat, sakit-sakitan, bahkan dapat mati.

Namun, dalam kenyataannya biaya pakan ayam sering kali membuat pusing peternak. Apalagi harganya terus melambung. Seperti diketahui, biaya pakan dapat mencapai 70% dari total biaya produksi. Oleh sebab itu, jika peternak dapat menekan biaya pakan, berarti dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi. Nilai keuntungan yang diperoleh pun menjadi lebih besar.

Selain membutuhkan biaya yang tinggi, peternak ayam kampung juga kesulitan karena boleh dikatakan tidak ada pabrik yang menjual pakan khusus ayam kampung. Yang dijual di pasaran umumnya pakan untuk ayam ras, baik ayam pedaging maupun petelur.

Untuk membantu kesulitan peternak tersebut, salah satunya adalah dengan membuat pakan sendiri. Dengan demikian, biaya pakan dapat ditekan. Namun, membuat pakan itu tak sekadar meramu bahan dan memberikannya ke ayam. Banyak hal yang perlu diketahui, antara lain bahan pakan, kualitas, formuIasi, dan cara mencampurnya.

 

 

Sumber: Buku Pakan Ayam Kampung

 

Baca Juga:  Ciri-ciri DOC Ayam Elba Petelur yang Bagus

loading...