Seram! Ternyata Ini Rahasia Keganasan Piranha


Pertanianku —Ikan piranha sangat terkenal sebagai ikan yang ganas. Salah satu jenis ikan predator ini memang cukup ditakuti karena keganasannya itu. Namun, sebenarnya apa rahasia keganasan piranha yang tidak diketahui banyak orang itu?

keganasan piranha
Foto: Pixabay

Selain karena piranha memang salah satu jenis predator, piranha juga memiliki susunan gigi yang sangat tajam. Gigi-gigi piranha ini berbentuk segitiga yang ujungnya sangat runcing.

Posisi gigi di rahang atas dan rahang bawah pun sangat sesuai sehingga ketika mulutnya menutup, gigi-gigi piranha tersebut mengunci dengan sempurna. Inilah yang membuat piranha sangat mudah untuk menggigit dan mengunyah mangsanya. Seram juga, ya?

Piranha juga memiliki penciuman yang tajam. Ia dapat mendeteksi adanya daging yang dapat dimakan bahkan di air yang keruh sekalipun. Biasanya, piranha memakan hewan yang lebih kecil darinya, misalnya siput atau ikan-ikan kecil.

Berbagai hewan yang mereka makan adalah hewan yang sudah tenggelam. Tetapi, memang tidak jarang mereka memangsa hewan-hewan besar, termasuk juga manusia. Bahkan, apabila tidak ada sumber makanan lain, mereka juga bisa memangsa kawannya sendiri.

Ternyata piranha tidak sepenuhnya predator lho. Piranha juga masih mau memakan tumbuh-tumbuhan. Sebagian jenis piranha akan beralih menjadi pemakan buah-buahan ketika mengalami masa-masa tertentu.

Piranha jenis ini memiliki struktur gigi dan rahang yang lebih sesuai untuk memangsa buah-buahan daripada daging hewan. Namun secara umum, piranha baru mau memakan buah atau tumbuhan saat tidak ada daging.

Baca Juga:  Petani dan Nelayan Dibantu FAO untuk Bangkit Pascagempa