Serapan Bawang Putih Mulai Berkurang karena Pasokan Melimpah

Pertanianku — Saat ini, pasokan bawang putih sudah melimpah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Karena pasokan yang melimpah, harga berangsur turun. Ini akibat dari serapan bawang putih yang mulai berkurang di kalangan masyarakat. Kurangnya serapan karena permintaan masyarakat yang juga mulai berkurang.

serapan bawang putih
Foto: Ilustrasi stok bawang putih yang melimpah (Pixabay)

“Kemarin kita pantau di Pasar Beringharjo harga sudah turun ke Rp36 sampai Rp38 ribu,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Apriyanto, melansir Republika, Rabu (15/5).

Ia juga mengungkapkan, penurunan harga ini pun terjadi karena operasi pasar dan pengawasan secara rutin yang dilakukan. Jika kondisinya sudah kondusif, operasi pasar akan ditunda.

Loading...

“Operasi pasar sementara kita tunda dulu karena bawang putih sudah cukup di DIY. Tapi akan terus kita lakukan pemantauan agar tidak ada gejolak lagi,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga, Bulog Divre DIY turut membantu distribusi bawang putih. Saat ini, Bulog menyimpan sekitar dua ton stok bawang putih.

“Di DIY kami membantu penyaluran bawang putih itu dua ton yang kami salurkan ke RPK (Rumah Pangan Kita) dan pasar murah,” kata Kepala Bulog Divre DIY, Rini Andrida.

Walaupun begitu, untuk pengelolaan bawang putih ini merupakan kewenangan dari Disperindag DIY. Oleh karena itu, pihaknya menunggu informasi dari Disperindag terkait perlu atau tidaknya tindakan penyerapan dilakukan.

Baca Juga:  Simpel, Ini Cara Memilih Singkong yang Tidak Keras
Loading...
Loading...