Serba Serbi Asam Gelugur

PertaniankuAsam gelugur berbeda dengan buah asam jawa. Tanaman asam gelugur merupakan pohon penghasil asam potong atau asam keping. Jika asam jawa diolah dalam keadaan buah matang—dengan atau tanpa dikeringkan, asam gelugur harus dikeringkan dulu di bawah sinar matahari.

Foto: instagram

Tanaman asam gelugur memiliki nama ilmiah Garcinia atroviridis. Ia masih berkerabat dengat dengan manggis dan asam kandis. Asal muasal tanaman ini adalah dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Salah satu keunikan tanaman ini adalah dapat bertahan hidup hingga sangat lama yakni mencapai usia ratusan tahun. Oleh karena itu, tanaman asam gelugur dikatakan sebagai tumbuhan abadi. Semakin tua umur asam gelugur, semakin banyak buah yang dihasilkan.

Loading...

Satu batang tanaman asam gelugur yang berumur lebih dari tiga puluh tahun bisa memproduksi buah asam gelugur hingga empat ratus kilogram. Jumlah tersebut merupakan akumulasi panen selama setahun. Jumlah yang sangat besar, bukan?!

Buah asam gelugur ada dua jenis, yaitu buah asam batu dan asam air. Buah asam batu memiliki bentuk yang lebih kecil, yakni berkisar antara 7—10 cm untuk diameternya. Sesuai namanya, asam batu memiliki berat seperti batu. Selain itu, penampakan buah ini padat, liat, dan kering.

Buah asam batu sebanyak empat kilogram mampu menghasilkan satu kilogram asam potong. Sementara, dalam jumlah asam potong yang sama, biasanya berasal dari lima kilogram asam air.

Asam air memiliki bentuk buah yang lebih besar daripada asam batu, yakni diameter berkisar 10—14 cm. Buah asam air tidak seberat asam batu. Selain itu, tekstur buah lebih renyah, kenyal, dan berair.

Asam gelugur ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Selain itu, ia juga digunakan sebagai perisa dalam berbagai minuman. Manfaat lain asam gelugur adalah dapat dibuat menjadi manisan halwa, manisan, dan pembersih daging yang akan dimasak. Ia juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan segar.

Baca Juga:  Permasalahan Produksi Kacang Kedelai yang Kerap Dialami Petani

Asam gelugur juga bisa jadi bahan dasar berbagai produk kecantikan dan peluruh lemak tubuh. Kandungan dalam asam ini pun bisa digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan.

Tak hanya buahnya, daun asam gelugur juga bermanfaat bagi kesehatan. Ekstrak daun asam gelugur bisa memberi efek inhibior pada perkembangan mikroba penyebab malaria.

Loading...
Loading...