Serba-serbi Fakta Kiwi, Buah Cantik yang Bagus untuk Sistem Pernapasan

Pertanianku — Kiwi berasal dari Cina dan dikenal dengan nama tao. Buah ini sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu. Saat ini, buah kiwi sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Beberapa negara diketahui sebagai daerah penghasil kiwi, yakni Selandia Baru, Amerika, Italia, Jepang, Prancis, Australia, dan Chili. Tahukah Anda, faktanya, kiwi yang terlihat cantik ini, sangat baik untuk kesehatan sistem pernapasan.

buah kiwi
foto: Pixabay

Buah kiwi sumber vitamin (C, E, A), mineral (kalium, magnesium, tembaga, fosfor), polisakarida, dan serat. Kiwi juga kaya antioksidan dan mengandung enzim yang serupa dengan papain di buah pepaya yang belum matang. Enzim ini berfungsi mencerna protein dan dapat melunakkan daging.

Kiwi bermanfaat untuk menyehatkan saluran napas, mengatasi gangguan saluran napas seperti napas pendek, batuk malam hari, dan napas berbunyi karena penyempitan saluran napas (wheezing).

Penelitian di Italia tengah dan utara pada anak-anak berusia 6–7 tahun yang diberikan buah kiwi atau jeruk lebih banyak dari anak-anak lainnya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat penurunan gangguan pernapasan seperti wheezing, napas pendek, dan batuk malam hari.

Manfaat lain dari buah ini ialah sebagai sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C buah dengan daging berwarna hijau ini relatif tinggi. Kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu tubuh mencegah kerusakan kolagen sehingga mencegah keriput pada kulit. Kiwi juga dapat membuat struktur kulit menjadi kuat karena mampu merangsang pertumbuhan fibroblast.

Kandungan polisakarida di dalam buah kiwi dapat membantu tubuh untuk menstimulasi peremajaan sel kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat dan segar. Kandungan lain di dalam kiwi yang sangat baik adalah serat. Serat tersebut mampu melancarkan buang air besar dan mencegah rasa penuh di lambung yang biasanya timbul setelah Anda terlalu banyak mengonsumsi daging.

Baca Juga:  Upaya Kalsel di Bidang Pertanian untuk Menghadapi Perubahan Iklim

Buah kiwi bisa dikonsumsi secara langsung. Ada juga beberapa orang yang menjadikannya sebagai campuran untuk menu-menu sehat dan kue. Hal ini karena penampakan daging buahnya yang menarik sehingga bisa mempercantik penampilan dan menambah rasa. Kiwi bisa dihidangkan sebagai buah meja, dijus, dibuat salad, selai, dan sebagainya.