Serba-serbi Fakta Menarik Garam

Pertanianku— Garam merupakan salah satu bumbu masakan yang hampir digunakan pada setiap menu, bahkan ada beberapa masakan manis yang tetap menggunakan sedikit garam untuk mengangkat rasanya. Ada banyak fakta menarik garam yang sebagian besar masih jarang diketahui. Langsung saja simak ulasan berikut ini mengenai beberapa fakta garam.

fakta garam
foto: Pixabay

Apa itu garam?

Garam adalah benda padatan berwarna putih berbentuk kristal yang merupakan kumpulan dari senyawa dengan bagian terbesarnya adalah natrium chloride (lebih dari 80 persen). Selain itu, ada juga senyawa magnesium chloride, magnesium sulfat, kalsium, kalium, zink, mangan, tembaga, natrium, dan flour.

Garam dapat dibuat melalui tiga metode, yakni kristalisasi air laut, pengambilan garam dari lautan garam, dan penambangan garam.

Jenis garam

Jika selama ini Anda hanya mengenal garam dapur, berarti Anda perlu tahu beberapa jenis garam lainnya yang juga tersedia. Garam terbagi menjadi dua jenis, yaitu garam konsumsi dan garam industri.

Garam konsumsi terdiri atas garam rumah tangga dan garam diet. Garam inilah yang selalu Anda gunakan tiap hari untuk memasak. Sementara itu, jenis garam industri terdiri atas garam industri kimia, garam industri aneka pangan, garam industri farmasi, garam industri perminyakan, garam water treatment, dan garam industri penyamakan kulit.

Manfaat garam

Garam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan lain-lain. Di bidang kesehatan, garam bisa melancarkan metabolisme, meringankan pernapasan, membuat tubuh lebih rileks, mencegah hiponatremia, membersihkan mulut, mencegah peningkatan tekanan darah, dan bertindak sebagai antibiotik.

Dalam bidang kecantikan, garam bermanfaat untuk detoks kulit, facial, toner dan scrubbing, membuat rambut lebih indah bergelombang, serta menghilangkan bau mulut.

Garam juga berfungsi untuk menambah cita rasa dan memperbaiki penampilan tekstur pada daging ikan. Selain itu, garam bermanfaat di dunia pertanian sebagai pupuk organik.

Baca Juga:  Menelisik Khasiat Daun Pegagan yang Melimpah

Ragam produk olahan dari garam

Garam tak hanya dapat dijual dalam bentuk butiran kristal berwarna putih, tetapi juga bisa dijual dalam bentuk produk olahan. Misalnya, bath salt, hair treatment, body scrub, face scrub, garena, pupuk cair, pewangi ruangan, face toner, dan foot salt.