Serba Serbi Guinea Pig


Pertanianku – Tubuh guinea pig tergolong besar untuk golongan rodensia. Bobot badannya bisa mencapai 700—1.200 g dengan panjang 20—25 cm. Seekor guinea pig yang telah didomestikasi rata-rata dapat hidup hingga 4—5 tahun. Namun, pada tahun 2006, Guinness Book of Records mencatat seekor guinea pig yang berhasil hidup hingga 14 tahun.

Serba Serbi Guinea Pig

Di habitat liar, sebenarnya tidak ditemukan spesies Cavia porcellus, tetapi spesies lain seperti Cavia aperea, Cavia fulgida, dan Cavia tschudii. Guinea pig liar hidup di dataran tinggi berbatu, hutan, rawa, maupun padang rumput yang lokasinya terlindung dari sengatan sinar matahari. Binatang mungil ini tergolong satwa krepuskuler yang aktif menjelang malam dan subuh. Cavy berlindung sepanjang siang hari di dalam terowongan yang dibangunnya. Pada malam hari, cavy akan bangun dan mulai mencari makan. Makanan yang dicari adalah sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Guinea pig yang telah didomestikasi dapat beradaptasi dengan aktivitas di siang hari. Namun, tidak dengan guinea pig hasil tangkapan alam, terutama yang sudah dewasa. Pada dasarnya, guinea pig merupakan hewan sosial. Di habitat alaminya, mereka hidup dalam suatu kawanan kecil yang terdiri atas 5—10 ekor dan tinggal dalam terowongan. Di rumah manusia, GP bisa hidup berkoloni atau soliter, tergantung dari karakter GP dan cara perawatannya. Terkadang, sesame GP jantan bisa hidup akur, tetapi bisa juga berkelahi. Sebaiknya, GP jantan umur >3 bulan dipisahkan karena mulai ada keinginan untuk menguasai daerah teritori. Pada dasarnya, perilaku seekor GP sangat dipengaruhi oleh “ajaran” pemiliknya. Semakin sering berinteraksi, GP semakin jinak dan “dekat” dengan pemiliknya.

Cavy dapat berinteraksi dengan sesamanya melalui serangkaian celotehan yang memiliki makna tersendiri. Dengan cara ini, mereka juga berkomunikasi dengan pemiliknya. Berikut adalah beberapa jenis suara yang dihasilkan oleh cavy. Dalam suatu kelompok cavy, terdapat seekor pejantan dominan yang bertugas ‘memimpin’ kawanannya. Pada musim kawin, sesama guinea pig jantan akan berkelahi untuk dapat mengawini betinanya. Seperti rodensia lainnya, guinea pig gemar mengadakan aksi sosial untuk saling membersihkan diri. Mereka juga membersihkan diri secara individual. Suatu cairan yang menyerupai susu diproduksi dari kelenjar di sekitar mata untuk berperan sebagai ‘minyak rambut’ selama proses grooming.

Baca Juga:  Cara Mudah Budidaya Burung Kenari, Yuk, Praktikkan!
loading...
loading...