Serba-serbi Informasi tentang Media Tanam yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bertanam

Pertanianku — Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat memutuskan untuk bertanam. Salah satu bagian penting yang perlu diketahui adalah media tanam. Media tempat bertanam dapat menentukan baik dan buruknya pertumbuhan tanaman yang dapat dilihat dari hasil produksi. Pasalnya, setiap jenis tanaman membutuhkan karakter media yang berbeda-beda. Itu sebabnya Anda perlu mencari informasi mengenai bagian ini dengan benar.

media tanam
foto: Pixabay

Berikut ini beberapa informasi menarik tentang media tanam yang perlu Anda ketahui.

Fungsi 

Tahukah Anda, media tanam memegang peran yang krusial. Bagian ini berfungsi menopang tanaman, memberikan nutrisi, serta menyediakan tempat bagi akar tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Lewat media untuk bertanam, tanaman bisa mendapatkan sebagian besar nutrisinya. Untuk penanaman di pot atau wadah tanam lainnya, media tanam berperan sebagai tanah. Oleh karena itu, media harus bisa berfungsi sebagai tanah bagi tanaman.

Jenis-jenis 

Ada banyak jenis media tanam yang bisa digunakan, seperti tanah, kompos, humus, arang sekam, pasir, dan pupuk kandang.

Gunakan kompos yang matang

Kompos yang sudah matang adalah kompos yang sudah mengalami pelapukan secara sempurna. Ciri-cirinya antara lain bahan baku sudah mengalami perubahan warna menjadi hitam kecokelatan, tidak berbau, tampak berat, mudah digenggam dengan tangan, serta bisa mengikat air dan melepaskannya bila berlebihan.

Kompos yang belum matang malah akan mendatangkan hama dan penyakit. Selain itu, unsur hara yang terdapat di dalam kompos sulit diserap oleh tanaman karena belum terurai secara sempurna.

Kriteria yang baik

Media tanam yang baik memiliki sifat-sifat fisik, kimia, dan biologi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Media tersebut dapat menyediakan ruang tumbuh bagi akar tanaman dan menopang tanaman. Selain itu, media memiliki porositas yang baik, dapat menyediakan unsur hara yang cukup, dan steril.

Media yang steril artinya tidak mengandung bibit penyakit. Bibit penyakit tersebut dapat menyerang dan menyebabkan kematian pada tanaman.

Volume media tanam

Bila menggunakan pot sebagai wadah tanam, Anda perlu memperhatikan volume media untuk menjaga keseimbangan tanaman.