Serba-Serbi Kayu Cendana di Dunia Obat Herbal

Pertanianku Kayu cendana terkenal sebagai komoditas mahal asal Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu. Tanaman ini dikenal sebagai the King of Plant Parfume. Tak hanya mengeluarkan aroma yang harum, cendana atau Santalum album juga sangat berguna sebagai obat herbal.

kayu cendana
foto: Pertanianku

Di Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan di daerah Nusa Tenggara Timur, seperti di Flores, Pulau Timor, Sumba, Solor, Adonar, Lomblen, Sabu, Rote, dan Timor. Tanaman ini juga bisa dijumpai di Pulau Papua dan Jawa.

Tanaman penghasil minyak cendana ini bisa mengobati berbagai macam penyakit. Bagian yang biasa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah kayu cendana. Di dalam kayu tersebut mengandung minyak atsiri, hars, zat samak, minyak santalol santalen, santen, santenon, santalal, santalon, dan isovalerilaldehida.

Sebelum menggunakannya sebagai obat herbal, Anda harus memahami bahwa tanaman ini memberikan efek samping, seperti masalah pernapasan, sesak di tenggorokan, nyeri dada, sakit perut, kulit gatal-gatal, serta ruam atau bengkak. Bagi penderita penyakit ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi herbal ini. Begitu pun dengan wanita hamil dan sedang menyusui.

Jangan menggunakan herbal dalam kurun waktu lebih dari enam minggu tanpa pengawasan dokter atau herbalis. Agar lebih aman, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan tanaman sebagai obat.

Penggunaan internal

Minyak cendana sering digunakan dalam pengobatan tradisional karena berkhasiat untuk mengobati gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, infeksi saluran kemih bawah, sakit kepala, demam, dan sakit pada dada atau terasa seperti sesak napas. Selain itu, minyak cendana juga berkhasiat mengatasi radang selaput lendir pada hidung dan meredakan batuk kering.

Penggunaan eksternal

Minyak cendana juga berfungsi sebagai obat eksternal untuk menghaluskan kulit, menghilangkan rasa gatal, dan meredakan peradangan yang terjadi pada kulit. Kayu cendana juga bisa diolah menjadi pasta untuk menghilangkan jerawat, bintik noda hitam, dan bekas melahirkan atau stretch marks.

Wewangian

Baca Juga:  Kandungan Super Ajaib Pepaya, Buah Murah yang Kaya Manfaat

Pada umumnya cendana memang digunakan sebagai wewangian untuk aroma terapi, dupa, kosmetik, parfum, dan sabun. Kayu cendana dapat diukir menjadi seni yang mengeluarkan aroma harum.

Bumbu

Minyak cendana juga bermanfaat sebagai bumbu untuk makanan dan minuman.