Serbat Blewah dan Timun Suri untuk Cuaca Panas

Pertanianku — Blewah dan timun suri merupakan buah yang mengandung banyak air sehingga baik untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh, apalagi di tengah cuaca yang panas terik. Kandungan air tersebut dapat berfungsi sebagai pelarut bagi mineral, vitamin B dan C, asam amino, serta glukosa dan molekul kecil lainnya. Dua buah tersebut bisa dikombinasikan dalam satu menu minuman yang menyegarkan, yaitu serbat blewah dan timun suri.

serbat blewah dan timun
foto: pixabay

Selain kaya akan air, kedua buah tersebut kaya akan vitamin C yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh agar tubuh tidak mudah sakit di tengah cuaca panas. Cara membuat serbat blewah dan timun terbilang sangat mudah dan dijamin dapat melepas dahaga Anda saat matahari sedang terik. Berikut ini resep serbat blewah dan timun suri.

Bahan-bahan:

Loading...
  • 250 gram blewah, keruk daging buahnya
  • 250 gram timun suri, keruk daging buahnya
  • 100 gram lidah buaya
  • Es batu secukupnya

Bahan sirup pandan:

  • 100 gram gula pasir
  • 300 cc air
  • 3 lembar daun pandan
  • 2 cm jahe, memarkan

Cara membuat:

  1. Sirup pandan: jerang gula pasir, air, daun pandan, dan jahe di api yang keci hingga mendidih dan sirup menjadi kental. Angkat dan sisihkan hingga dingin.
  2. Taruh blewah, lidah buaya, dan es batu di dalam saji. Masukkan sirup pandan secukupnya.
  3. Aduk hingga rata, sajikan selagi masih dingin.

Anda bisa mengganti sirup pandan olahan dengan sirup pandan yang sudah jadi dan banyak dijual di pasaran. Namun, tentunya sirup yang dibuat sendiri jauh lebih aman karena tidak menggunakan bahan pengawet.

Nilai gizi dari menu minuman yang menyegarkan ini ternyata tidak kalah menarik, seperti energi sebesar 92,44 kkal, vitamin C 30,78 mg, kalium 637,5 mg, kalsium 155,4 mg, dan provitamin A 1.014,6 mg. Artinya, selain segar karena mengandung banyak air dan nikmat, minuman ini kaya akan gizi sehingga bisa dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga:  Yoghurt Sinbiotik, Minuman Kaya Serat dari Tepung Pisang
Loading...
Loading...