Sering Dibuang, Ternyata Kulit Pisang Masih Punya Manfaat

Pertanianku — Bagian yang dimanfaatkan dari buah pisang adalah daging buahnya yang berwarna putih, rasanya manis, dan bertekstur lembut. Ada beberapa jenis buah pisang yang memiliki warna kulit hijau meski sudah matang. Kulit pisang merupakan bagian yang paling sering dibuang karena dianggap sudah tidak berguna. Banyak orang yang belum mengetahui manfaat kulit pisang yang sering dibuang.

manfaat kulit pisang
foto: Pertanianku

Tak hanya bagian daging buahnya, kulit pisang juga mengandung nutrisi seperti vitamin C, B, kalsium, protein, dan juga lemak yang cukup baik. Berikut ini beberapa olahan yang dapat dibuat dari kulit buah pisang.

Sumber energi listrik

Bagian kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan tegangan tenaga listrik. Kandungan listrik dalam kulit pisang mampu menggantikan tenaga batu baterai. Cara pembuatannya cukup mudah. Pertama-tama, haluskan kulit pisang dan buah jeruk dengan air secukupnya. Selanjutnya, masukkan larutan kulit pisang ke gelas kimia dan buat elektroda-elektroda yang terbuat dari bahan Cu dan Zn.

Setelah itu, hubungkan tembaga dan bahan seng dengan kabel, lalu tutup dengan kayu gabus. Satu sel di dalam satu gelas kimia berisi 2 elektroda dan 1 tutup.

Merawat sepatu

Kulit pisang mengandung potassium, bahan penting dalam pembuatan semir sepatu. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan kulit buah untuk menjaga kualitas sepatu. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggosok-gosokkan bagian dalam kulit buah ke permukaan sepatu. Kandungan di dalam kulit buah berwarna kuning ini dapat melembutkan dan membuat sepatu lebih awet.

Setelah bagian dalam kulit digosok-gosokkan ke permukaan sepatu, bersihkan sisa buah yang masih menempel dengan kain halus.

Manfaat untuk kesehatan tubuh

Kulit buah pisang mengandung serotonin yang merupakan vitamin B6. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengembalikan transmisi impuls ke syaraf sehingga dapat mengurangi gejala depresi yang berlebihan. Kandungan vitamin B6 tersebut juga dapat menjaga kestabilan metabolisme di dalam tubuh sehingga kadar kolesterol jahat dapat terbuang bersama kotoran.

Baca Juga:  Ciri-ciri Bibit Lengkeng Matalada yang Bagus

Kulit pisang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya antioksidan yang berasal dari vitamin B dan vitamin C. Antioksidan tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit dengan cara menekan kerusakan sel yang disebabkan oleh proses oksidasi radikal bebas.