Sering Keliru, Ini Fungsi Bumbu Dapur yang Benar

Pertanianku — Jenis-jenis bumbu dapur sering disalahartikan memiliki cita rasa yang sama. Padahal, bumbu ini memberikan sensasi yang berbeda pada jenis masakan yang dihasilkan. Oleh karena itu, mari kenali fungsi bumbu dapur berikut agar tidak salah menggunakannya.

 

fungsi bumbu dapur
foto: pixabay

Jahe

Loading...

Jahe merupakan bumbu dapur yang paling sering digunakan. Salah satu rempah ini dikenali dengan penampakannya yang berwarna cokelat muda dan lembut. Rasa utama dari jahe adalah pedas tetapi menyegarkan. Di dunia, dikenal tiga jenis jahe dengan cita rasa yang sama, tetapi intensitasnya berbeda yakni jahe merah, jahe kuning, dan jahe gajah.

Penggunaan jahe banyak dibubuhkan pada masakan sebagai penghilang rasa dan aroma amis. Umumnya, olahan ikan menggunakan jahe untuk menetralisir aroma ini.

Temu kunci

Nama latin dari temu kunci adalah Boesenbergia rotnda. Seperti rempah lainnya, temu kunci merupakan rimpang dari tanaman tersebut. Temu kunci menghasilkan aroma kuat yang segar dan khas. Rasanya yang sedikit pahit berasal dari beragam zat aktif yang terkandung di dalamnya. Penggunaan temu kunci biasanya sebagai bumbu dapur pada sayur bening.

Lengkuas atau laos

Rasa dan aroma citrus pada masakan dibubuhkan dengan penambahan bumbu dapur yang satu ini. Lengkuas atau laos memberikan aroma citrus tersebut, sekaligus memberikan rasa manis, panas, dan sedikit pedas.

Teksturnya kasar berserat dan terdapat alur yang terlihat jelas. Penggunaannya dengan cara diiris kasar atau dimemarkan. Lengkuas cocok ditambahkan pada masakan gurih agar rasanya seimbang.

Kunyit

Fungsi bumbu dapur yang satu ini banyak digunakan sebagai pemberi warna pada makanan. Warna yang ditimbulkan adalah kuning cerah yang alami. Cara pemberiannya dilakukan dengan diiris atau diparut terlebih dahulu sebelum dicampurkan bahan pangan.

Baca Juga:  Sayur yang Kaya Vitamin C, Bagus untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya warna, kunyit juga memiliki aroma yang khas dan menyengat. Biasanya, hal ini dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Kunyit juga menjadi salah satu bahan baku minuman tradisional jamu.

Kencur

Penambahan kencur pada masakan dapat memberikan cita rasa segar. Hampir mirip dengan jahe, keduanya dapat dibedakan dari bentuk kencur yang lebih bulat dan pendek serta warnanya putih kekuningan.

Sensasi unik pada kencur yakni sedikit pedas, pahit, dan hangat. Setelah dikupas, kencur juga memiliki aroma harum yang khas.

Loading...
Loading...