Sering Keliru, Ternyata Jenis Buah Ini Tidak Bagus Disimpan di Kulkas

Pertanianku— Salah satu cara untuk menjaga kesegaran buah adalah dengan menyimpannya di kulkas. Namun, tahukah Anda sebenarnya ada beberapa jenis buah yang tidak bagus jika disimpan di kulkas. Nutrisi hingga kesegaran buah tersebut bisa menurun apabila terlalu lama berada di dalam kulkas. Penasaran jenis buah apa saja yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas? Simak ulasan berikut ini.

jenis buah
Foto: pixabay

Tomat

Tomat memiliki nama Latin Solanium lycpersicum Linn. atau Solanium lycpersicum Mill.  Tomat tidak hanya berguna sebagai bahan masakan, tetapi juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Namun, tomat yang disimpan di kulkas dapat kehilangan kesegarannya sehingga kurang enak disantap, apalagi jika tomat tersebut sudah dalam keadaan terpotong.

Buah tomat mengandung asam malik, asam sitrat, adenine, trigonelline, choline, kalsium, fosfor, besi, klorin, karoten, histamine, kolin, tomatin, likopen, vitamin B1, B2, dan C. Manfaat tomat bisa digunakan sebagai antiseptik usus, penawar racun, penghilang rasa haus, melancarkan aliran empedu, pencahar ringan, dan merangsang keluarnya enzim lambung.

Jeruk

Jeruk merupakan jenis buah citrus seperti jeruk limau, lemon, dan jeruk nipis tidak disarankan untuk disimpan di kulkas. Pasalnya, kulit dari jeruk buah citrus dapat mengering dan kandungan air di dalamnya akan menyusut sehingga jeruk terasa kering dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Pisang

Pisang tidak bagus disimpan di kulkas karena bisa menyebabkan perubahan warna pada kulitnya dan akan lebih cepat matang. Kandungan yang terdapat di dalam pisang adalah mineral, vitamin A, B1, dan C, karbohidrat, serat, lemak, dan protein.

Pepaya

Sebagian besar orang senang menyimpan pepaya di kulkas agar pepaya dingin dan tidak perlu repot mengupas pepaya tersebut saat ingin dimakan. Padahal, sebenarnya pepaya tidak bagus disimpan di kulkas karena bisa menyebabkan perubahan pada tekstur dan rasa. Oleh karena itu, sebaiknya simpan pepaya pada suhu ruang dan segera habiskan pepaya yang sudah dikupas dari kulitnya.

Baca Juga:  Manfaat Sagu sebagai Pengganti Nasi

Melon

Sama seperti pepaya, buah melon memang sangat lezat disantap saat sedang dingin. Namun, sayangnya, melon yang disimpan di kulkas dapat kehilangan kandungan senyawa antioksidan. Selain itu, beberapa kandungan vitaminnya juga akan menurun jika melon disimpan di kulkas meskipun tanpa dikupas atau dipotong terlebih dahulu.