Sering Keliru Ternyata Madu Tidak Boleh Dicampur Air Panas

Pertanianku — Madu sudah terkenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan tubuh. Di tengah kondisi kesehatan yang kurang baik, madu sering menjadi salah satu andalan masyarakat untuk dikonsumsi tiap harinya. Namun, sayangnya madu sering digunakan dengan cara yang salah, seperti dicampur air panas, padahal madu tidak boleh dilarutkan dengan air panas.

madu tidak boleh
foto: Pixabay

Hal ini sudah disampaikan oleh para ahli. Mengutip dari kompas.com, Guru Besar Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah MS., mengatakan bahwa madu sebaiknya tidak dicampur air panas karena bisa menyebabkan kerusakan nutrisi sehingga Anda tidak akan mendapat khasiat madu.

Madu sebaiknya dilarutkan dengan air biasa atau maksimal hangat suam-suam kuku. Suhu air tidak boleh lebih dari 60°C. Air hangat dapat menyebabkan nutrisi di dalam madu lebih cepat diserap oleh tubuh.

Jika madu dilarutkan dengan air panas, sebagian besar nutrisi di dalamnya akan hilang. Dengan begitu, Anda hanya bisa merasakan manis madu, tidak ada khasiatnya.

Madu paling baik dikonsumsi pada pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur. Pola konsumsi tersebut berkaitan dengan metabolisme tubuh. Pada pagi hari sebelum makan, kondisi perut yang masih kosong dapat memungkinkan tubuh menyerap nutrisi madu secara maksimal.

Sementara itu, madu yang dikonsumsi pada malam hari bisa membuat tidur lebih nyenyak dan badan terasa lebih segar ketika bangun keesokan harinya. Madu dapat melepaskan hormon serotonin dan mengubahnya menjadi melatonin. Hormon tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Jumlah madu yang diminum cukup 1—2 sendok ke dalam teh chamomile atau susu.

Baca Juga:  Peluang Usaha Camilan Lezat dari Rumput Laut

Takaran madu yang tepat untuk orang dewasa adalah satu sendok makan setiap kali minum. Sementara itu, untuk anak-anak sekitar satu sendok teh.

Madu juga bisa dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam teh, yoghurt, oatmeal sebagai sarapan pagi, atau sebagai saus dressing salad.

Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula. Untuk wanita, gula tambahan yang dikonsumsi diusahakan di bawah 100 kalori, sedangkan pria di bawah 150 kalori.