Sering Mengonsumsi Ikan Tuna? Artinya, Anda Beruntung


Pertanianku – Ikan tuna (Thunnus sp.) yang hidup di laut ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak. Kelompok ikan tuna memiliki daging yang banyak untuk ikan normal. Pada ikan normal, bagian yang dapat dimakan berkisar 45—50%, sedangkan ikan ini dapat dimakan antara 50—60% dari total berat badannya.

sering-mengonsumsi-ikan-tuna-berarti-anda-beruntung

Tuna mengandung protein sebanyak 22,6—26,2 g/100 g. Daging tuna mengandung lemak sekitar 0,2—2,7 g/100 g daging. Disamping itu, ikan ini mengandung mineral kalsium, fosfor, besi dan sodium, vitamin A (retinol) dan vitamin B (thiamin, riboflavin, dan niasin).

Daging tuna kaya akan protein dan nutrisi penting lain seperti mineral selenium, magnesium, dan potasium, vitamin B kompleks, dan omega-3. Berikut beberapa manfaat ikan tuna jika Anda rajin mengonsumsinya.

  • Ikan tuna rendah lemak

Ikan ini memiliki kandungan total lemak yang paling rendah dibanding sumber protein hewani lainnya.

  • Kesehatan jantung

Ikan tuna dengan omega-3nya yang tinggi sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung. Omega-3 meningkatkan rasio konsentrasi HDL atau kolesterol baik dalam tubuh, menekan terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah, dan menjaga ritme detak pada jantung.

  • Mencegah kanker

Ikan tuna dapat mencegah penyakit kanker seperti kanker ovari, kanker pankreas, dan jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan lain (kanker mulut, faring, esophagus, perut, dan usus). Kandungan omega-3 yang berlimpah pada tuna juga bermanfaat mencegah kanker payudara dan menurunkan risiko terkena leukimia.

  • Mengurangi kolesterol

Ikan ini memiliki kandungan lemak jenuh paling sedikit dibanding protein hewani lainnya seperti halnya ayam, daging, atau bahkan udang dan lobster. Lemak jenuh memiliki peran paling aktif menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

  • Meningkatkan fungsi kognitif otak

Omega-3 yang terdapat dalam ikan tuna dapat membantu meningkatkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak sehingga dapat terhindar dari penyakit degenarasi fungsi otak seperti alzheimer karena membantu memperlancar suplai darah dari tubuh ke otak. Omega-3 juga menurunkan risiko inflamasi, memperantarai signal agar dapat diterima oleh otak. Pada orang yang menderita alzhemeir akan mengalami gangguan dalam hal penyampaian signal atau impuls ke otak.

  • Membantu detoksifikasi
Baca Juga:  Ternyata Ini yang Menyebabkan Ikan Jadi Beracun!

Selenium bersama dengan omega-3 yang terkandung dalam ikan ini, merupakan bahan bakar penting untuk produksi gluthathione peroxidase jenis anti-oksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi penting untuk kesehatan hati yang berperan untuk detoksifikasi. Selenium juga berperan untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

  • Menurunkan tekanan darah

Minyak ikan sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah, tetapi peran mereka dalam pencegahan belum jelas. Namun, mengasup banyak minyak ikan tidak dianjurkan.

loading...
loading...