Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kelapa Hijau dan Kelapa Muda

Pertanianku— Kelapa termasuk buah-buahan yang disukai oleh masyarakat Indonesia dan pohonnya terbilang cukup multifungsi. Tidak semua jenis kelapa dapat diambil airnya, hanya kelapa yang masih muda dan kelapa hijau (ijo) yang dimanfaatkan airnya. Banyak orang menganggap bahwa kelapa hijau dan kelapa muda adalah sama, padahal berbeda.

kelapa hijau
foto: pixabay

Kelapa ijo mengandung air yang terasa manis lebih banyak dibanding kelapa muda. Oleh karena itu, orang-orang lebih mengenal kelapa ijo sebagai penghasil air kelapa yang menyegarkan. Air yang dihasilkan dari kelapa muda tetap manis tapi bercampur dengan rasa gurih sehingga rasanya cukup berbeda.

Kelapa ijo memiliki daging bertekstur agak keras dan mempunyai lapisan yang tipis. Semakin tua kelapa, semakin tebal lapisan pada daging. Kandungan nutrisi di dalam jenis kelapa ini terbilang lebih baik dibandingkan kelapa muda sehingga sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu. Tak heran, harga jual kelapa hijau sering lebih mahal dibanding kelapa muda, bahkan selisih harganya mencapai dua kali lipat.

Meski harganya terbilang lebih mahal, kelapa ijo tetap memiliki banyak peminat karena rasa serta khasiat yang sulit didapatkan dari jenis-jenis kelapa yang lain. Airnya lebih lezat jika digunakan untuk melepaskan dahaga.

Kandungan nutrisi di dalam kelapa hijau berguna untuk mengobati penyakit demam berdarah, kencing batu, menetralisir racun di dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah rambut rontok, menjaga kesehatan ginjal, mengatasi sakit kepala, dan menyembuhkan alergi yang muncul di permukaan kulit.

Harga mahal yang harus dikeluarkan akan berbanding lurus dengan khasiat dan sensasi menyegarkan yang didapatkan dari kelapa hijau.

Jika dilihat secara sepintas, kedua jenis kelapa ini memiliki kesamaan dalam bentuk fisik karena warna kelapa yang masih muda juga berwarna hijau. Anda baru bisa mengetahui perbedaannya ketika buah kelapa dikupas. Kelapa hijau memiliki serat berwarna merah. Rasa air dari kelapa biasa disertai sedikit rasa pahit, sedangkan rasa air kelapa hijau benar-benar menyegarkan.

Baca Juga:  Sederet Manfaat Tandan Kosong Kelapa Sawit