Seruput Nikmat dari Manfaat Kopi Hijau

Petanianku — Biji kopi hijau bukanlah kopi dengan perasa ataupun pewarna, melainkan biji kopi dari buah kopi (coffea) yang belum dipanggang. Lalu, tahukah Anda? Manfaat kopi hijau ternyata sangat menakjubkan.

Manfaat kopi hijau
Foto: Biji kopi hijau punya keistimewan tersediti (Pixabay)

Pada biji kopi hijau, terdapat kandungan asam klorogenat yang tinggi dibandingkan kopi panggang biasa. Zat tersebut dianggap sangat bermanfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat yang kita dapatkan dari mengonsumsi kopi hijau?

Menurunkan berat badan

Loading...

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine, ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan menurunkan berat badan. Kafein dan asam klorogenat termasuk ke dalam senyawa utama yang berfungsi menurunkan berat badan.

Menurunkan darah tinggi

Tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi kopi hijau juga diketahui mampu menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan penurunan tekanan darah. Pasien tersebut mengatakan bahwa tidak ada efek samping yang terjadi sehingga minuman ini aman untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kandungan kafein yang ada dalam kopi hijau memiliki efek positif terhadap suasana hati dan aktivitas otak kita. Bebeberapa penelitian telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, dan ketahanan tubuh.

Anti-oksidan

Kandungan zat anti-oksidan pada biji kopi dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Sebuah studi pada Journal of Agricultural and Food Chemistry, menyatakan bahwa anti-oksidan asam klorogenat di biji kopi diketahui mampu mencegah perkembangan empat jenis sel kanker.

Agar aman, kita cukup mengonsumsi 480 mg kopi hijau dalam sehari. Jika dikonsumsi setiap hari, sebaiknya batasi hingga 12 minggu. Ini perlu diperhatikan karena kopi hijau memiliki efek samping seperti kopi biasa karena kandungan kafeinnya.

Baca Juga:  Bonggol Pisang Punya Efek Antikanker

Kafein dapat menyebabkan insomnia, gugup dan gelisah, sakit perut, mual dan muntah, serta  meningkatnya detak jantung dan pernapasan yang tidak teratur. Kopi yang dikonsumsi dalam jumlah banyak juga mampu menyebabkan sakit kepala, kecemasan, gelisah, telinga berdenging, dan detak jantung tidak teratur.

Loading...
Loading...