Setek Bunga Mawar yang Baik dan Benar


Pertanianku — Sebagian besar wanita menyukai bunga mawar, bahkan terkadang terbesit keinginan untuk menanam bunga dengan batang berduri itu di rumah. Bagi Anda yang ingin menanamnya di rumah, mungkin cara setek bunga mawar bisa Anda lakukan.

setek bunga mawar
Pertanianku

Seperti yang sudah disebutkan, jenis bunga yang banyak digemari adalah bunga mawar. Bunga ini menjadi primadona di antara bunga-bunga lainnya karena warnanya bermacam-macam dan cantik juga baunya yang khas.

Tak jarang sebagian orang beranggapan bahwa mawar adalah bunga spesial dan merupakan simbol kasih sayang. Bunga ini sangat mudah dikembangbiakan, yaitu dengan setek bunga mawar.

Menanam bunga mawar sejatinya ada dua cara, yaitu dengan menanam biji atau melalui setek batang. Menanam bunga mawar dengan biji cenderung lebih praktis. Namun, biji mawar hanya bisa diperoleh dari bunga mawar yang sudah matang. Karena waktu pertumbuhan biji mawar yang lama, pecinta bunga mawar lebih sering melakukan setek bunga mawar untuk pembibitan.

Setek bunga mawar harus dilakukan dengan hati-hati dan membutuhkan teknik khusus. Jika tidak, kuncup daun bunga mawar tak akan pernah tumbuh dan batang yang distek akan mengering. Untuk mengetahui cara terbaiknya, simak ulasan berikut ini.

Pilihlah batang mawar terbaik

Batang yang dapat digunakan sebagai bibit setek bunga mawar adalah batang yang sudah tua. Pilihlah batang yang dekat dengan akar atau minimal durinya sudah lebih besar daripada duri pada bagian batang lain. Potong bagian yang telah pilih sekitar 7—10 cm menggunakan pisau yang tajam.

Siapkan media tanam bunga mawar

Media yang digunakan untuk pembibitan juga harus diperhatikan. Gunakan tanah hitam yang gembur atau bisa juga menggunakan sekam yang dicampur dengan tanah dan pasir. Perlu diingat, jangan beri pupuk apa pun selama masa pembibitan karena pupuk akan menghambat pengakaran.

Baca Juga:  Cara Menanam dan Merawat Monstera Delciosa

Letakkan media tanam dalam polybag agar lebih mudah dipindahkan nantinya. Jangan lupa memberi beberapa lubang pada polybag untuk mencegah pembusukan akar.

Penempatan bibit mawar

Sebaiknya letakkan polybag yang berisi bibit mawar di tempat yang sejuk dan tak terkena sinar matahari secara langsung. Sebab, dengan menaruh bibit di tempat yang gelap justru akan mempercepat pertumbuhan akar. Setelah muncul 3 atau 4 daun, itu tandanya bibit mawar Anda telah siap untuk dipindahkan.

Pindahkan bibit ke tempat yang Anda suka, bisa di pot atau ditanam langsung ditanah. Disarankan untuk menanam di pot, karena dengan begitu mawar akan lebih mudah dipindahkan saat cuaca terlalu terik. Setelah dipindahkan Anda boleh memberi tanaman mawar Anda pupuk kompos agar mawar lebih cepat berbunga.