Setelah Ditelusuri, Gempa Lombok 7,0 SR Berpusat di Tengah Sawah


Pertanianku — Gempa besar dengan magnitude 7,0 Skala Richter mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu petang, 5 Agustus 2018. Gempa lombok tersebut tentunya membuat nusantara kembali dirundung duka.

Gempa lombok
Foto: Google Image

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi, pusat gempa 7,0 SR tersebut berpusat di darat, yakni tepatnya pada titik 8.37 LS dan 116.48 BT pada kedalaman 15 km. Namun, patahan gempa tersebut terjadi sampai ke laut.

Sementara itu, menurut data yang disiarkan Badan Geologi Amerikat, United States Geological Survey (USGS), gempa Lombok memiliki magnitude 6,9. Gempa terjadi di daratan pada titik koordinat 8.287°S 116.451°E, pada kedalaman 31 kilometer.

Bagi masyarakat awam, mungkin akan merasa penasaran dan ingin tahu, sebenarnya di sebelah mana pusat gempa besar itu berada? Pasalnya, gempa berpusat di daratan.

Jika ditelusuri menggunakan fasilitas Google Maps dengan memasukkan data titik koordinat versi USGS, 8.287°S 116.451°E, maka ditemukan fakta bahwa pusat gempa besar Lombok yang terjadi dua hari lalu itu berada di tengah sawah.

Area persawahan ini terdata berada di wilayah Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gambar satelit yang ditampilkan Google Maps memperlihatkan, sawah tempat pusat gempa itu berada tak jauh dari pemukiman warga.

Dengan memperhatikan titik dan kedalaman gempa, disimpulkan bahwa gempa yang terjadi itu jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan patahan Flores.

Mengutip Detikcom, Senin (6/8/2018), Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menujukkan gempa ini dibangkitakn oleh deformasi batuan dengan mekanisme gerakan naik.

Baca Juga:  Wisata Edukasi Kampung Hortikultura di Banjarbaru