Siap Hiasi Kolam Anda, Intip 4 Tanaman Hias Air Ini

Pertanianku — Kolam ikan akan lebih hidup jika ditambahkan dengan tanaman hias air. Selain memberikan kesan sejuk dan bersih, adanya tanaman hias air juga bisa menjadi sumber oksigen bagi ikan. Selain itu, tanaman-tanaman ini juga bisa membantu membersihkan sisa metabolisme ikan. Berikut ini 4 jenis tanaman hias air yang bisa Anda tanam.

Kala lili

tanaman hias air
Foto: pixabay

Kala lili berasal dari daerah Afrika tengah hingga Afrika Selatan. Keunikan dari tanaman ini adalah bunganya yang sangat indah. Bunga kala lili membentuk corong tegak ke atas dan di bagian tengahnya terdapat putik. Warna bunganya pun beragam dan cerah mulai dari putih, merah, hijau, oranye, hingga warna ungu.

Loading...

Karena keindahannya, kala lili banyak digunakan sebagia tanaman hias dalam kolam. Rimpang tanaman ini cukup besar dan ketika memasuki musim semi, jumlah bunganya akan meningkat.

Lidi air

tanaman hias air
Foto: pixabay

Tanaman lidi air tampak seperti lidi karena ukurannya yang sangat kecil. Tanaman ini tumbuh meruncing ke atas. Mirip dengan bambu air, lidi air harus ditanam di tempat yang basah. Lidi air termasuk tanaman yang tahan bahkan harus terkena banyak cahaya matahari agar tumbuhnya optimal.

Tifa

tanaman hias air
Foto: pixabay

Tanaman tifa biasa ditemukan tumbuh liar di rawa-rawa dan daerah dekat dengan pantai. Ciri utama tanaman tifa adalah batangnya yang tegak dan kekar. Tingginya bisa mencapai 1,5—3 meter. Penanaman tifa dalam kolam bisa membantu membersihkan kolam.

Tifa memiliki daun yang tampak seperti garis dan meruncing di bagian ujungnya. Bunganya sendiri berbentuk silindris berwarna kecokelatan. Sekilas, penampakan bunga ini mirip dengan cerutu.

Bambu air

tanaman hias air
Foto: pixabay

Bambu air dikenal sebagai salah satu tanaman hias air. Dinamakan bambu air karena tanaman ini memiliki banyak persamaan dengan pohon bambu yang banyak manfaat tersebut. Bentuk bambu air sangat mirip dengan bambu biasa. Hanya saja, ukurannya jauh lebih kecil. Tinggi bambu air hanya berkisar 25—100 cm dengan diameter maksimal 3 cm.

Baca Juga:  Cara Membuat Terarium dengan Memanfaatkan Botol Bekas

Biasanya, tanaman bernama ilmiah Equisetum humelae L. ini tidak dibudidayakan langsung di dalam kolam. Bambu air akan ditanam dalam wadah yang diletakkan dekat dengan kolam ikan. Wadah atau pot ini biasanya berisi lumpur dan genangan air.

Loading...
Loading...