Siapa Bilang Mengupas Durian itu Sulit? Begini Caranya!


Pertanianku – Durian merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Namun, banyak pula orang yang enggan berdekatan dengan buah yang memiliki aroma sangat tajam. Selain itu, durian memiliki kulit yang berduri cukup tajam. Tidak heran, tidak semua orang berani mengupasnya. Sebab, jika salah, tangan Andalah yang akan tertusuk duri-duri tersebut.

Jika kita lihat dari kandungan gizinya, buah durian mengandung nutrisi yang cuup banyak yang dibutuhkan untuk tubuh dan juga baik untuk kecantikan kulit. Buah durian mengandung vitamin A, C, E, B1, B2, kalsium, fosfor, kalium, protein, serat, dan karbohidrat.

Beberapa orang punya cara berbeda menikmati durian. Durian memang akan lebih nikmat jika langsung mengonsumsinya. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang kewalahan ketika mengupasnya.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengupas durian ini. Untuk membelahnya dengan mudah, letakkan durian di lantai. Mengapa demikian? Ini akan menghindari telapak tangan Anda tergores ataupun terluka akibat durinya.

Setelah meletakkannya di lantai, kemudian ambil pisau yang tajam. Beri goresan pada kulit durian dengan mengikuti bagian seratnya. Jangan memotong pada arah berlawanan serat durian karena bisa membahayakan diri Anda. Potong sepanjang delapan hingga 10 inci.

Pada saat pemotongan, gunakan telapak tangan Anda yang satu lagi untuk menahan durian supaya tidak bergerak. Bisa juga memakai dengkul untuk menahannya, tapi disarankan agar memakai celana panjang berbahan jeans supaya tak mencederai kaki Anda.

Selanjutnya, ketika kulitnya sudah terbuka, pakai kedua tangan Anda untuk membelahnya dengan menarik bagian luar durian. Ambil kembali pisau untuk membukanya karena daging buahnya tersembunyi di dalam. Anda juga bisa membuka bagian seratnya dengan memakai telapak tangan seraya mendorongnya ke bawah.

Baca Juga:  Variasi Mangga di Indonesia Bertambah, Yuk, Cari Tahu!
loading...
loading...