Simak Cara Ternak Hamster di Rumah yang Menguntungkan

Pertanianku — Siapa yang tidak jatuh hati dengan binatang kecil berbulu nan menggemaskan, yaitu hamster. Bahkan, sudah banyak tokoh kartun yang menggunakan sosok hamster, salah satunya Hamtaro. Sebenarnya, hamster mudah untuk diternakkan dan ternak hamster dapat dilakukan di rumah.

ternak hamster
foto: pixabay

Banyak yang beranggapan hasmter sama dengan tikus, padahal tidak. Hamster memiliki ukuran badan yang lebih kecil dan ekornya tidak sepanjang tikus. Sebelum memulai ternak hamster, Anda perlu mengetahui jenis hamster yang laku dan disukai oleh masyarakat. Selanjutnya, Anda dapat memerhatikan beberapa langkah ternak hamster di bawah ini.

Tempat pemeliharaan

Loading...

Beternak hamster tidak membutuhkan tempat yang luas, dan bisa dilakukan di ruangan yang berada di dalam rumah.

Kandang hamster dan perlengkapan pendukung

Anda dapat membeli kandang hamster di berbagai toko hewan atau pet shop. Namun, Anda dapat mengganti kandang dengan baskom, kotak kayu, atau akuarium yang ditutup kawat kasa. Pada dasarnya kandang hasmter dapat terbuat dari apa saja, asalkan ukuran kandang memadai dan layak sehingga hamster nyaman berada di dalam kandang.

Berikan pasir dan serbuk kayu setebal 2—3 cm sebagai alas kandang. Serbuk kayu berfungsi untuk menghangatkan udara saat cuaca dingin, berguna untuk membuat sarang saat induk betina sedang bunting, menyerap kelembapan yang berasal dari air minum yang tumpah dan air kencing hamster, serta tempat meletakkan bayi yang baru lahir.

Sediakan tempat minum agar air tidak tumpah di dalam kandang dan sediakan permainan berupa roda berputar dan rumah sebagai tempat bermainnya.

Setelah induk hamster melahirkan, anak dan induk harus ditaruh di kandang yang berbeda, terlebih saat telah terjadi proses perkawinan. Induk betina yang sudah bunting harus ditaruh di kandang yang berbeda agar ia membangun sarangnya sendiri sembari menunggu proses kelahiran bayinya tanpa adanya gangguan.

Baca Juga:  Keunikan dari Ikan Belida, Ikon Kota Palembang

Bayi hamster yang sudah lahir harus langsung taruh di kandang akuarium, jangan gunakan kandang kawat karena ukuran bayi yang kecil sehingga bayi bisa keluar kandang lewat sela kawat.

Pakan

Di habitat aslinya hamster makan biji-bijian. Hamster yang diternakkan umumnya diberikan pakan biji bunga matahari atau kuaci, taoge, wortel, dan pakan konsentrat buatan pabrik. Jangan berikan pakan sayuran berdaun, pakan yang memiliki cita rasa pedas, dan makanan manis seperti cokelat/permen.

 

 

 

Loading...
Loading...