Simak Khasiat Herbal Buah Pala

PertaniankuBuah pala sering diolah oleh masyarakat menjadi camilan yang memiliki aroma yang khas. Buah ini sering dijadikan manisan, keripik, sirop dan lain-lain. Sayangnya saat ini cemilan tersebut semakin berkurang karena banyak orang kurang menyukai aromanya yang sangat menyengat. Ternyata, buah ini juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi susah tidur dan meningkatkan stamina tubuh.

buah pala
foto: https://indonesia.go.id/

Pada bagian buahnya mengandung getah yang bisa dimanfaatkan. Kulit dan daging buah pala mengandung minyak atsiri dan zat samak. Sementara, pada bagian fuli atau bunga pala mengandung minyak atsiri, zat samak, dan zat pati. Pada bagian bijinya mengandung minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena, dan asam oleanolat.

Dari kandungan yang dimiliki oleh buah pala, buah ini dapat mengobati beberapa macam penyakit, di antaranya kejang, kembung, sariawan, meningkatkan stamina, dan mengatasi susah tidur.

Loading...

Pala dikenal sebagai obat pelepas kelebihan gas yang ada di usus dan obat perut. Bagian kulit buah mengandung minyak dengan wangi pala yang menyenangkan. Pala juga bisa digunakan sebagai obat pencahar, sedangkan pala jantan bisa digunakan sebagai obat mencret dan obat perangsang. Getahnya yang masih segar berwarna kehijauan bisa dijadikan obat kumur untuk mengobati sariawan.

Namun, bagi penderita sakit ginjal sebaiknya jangan mengonsumsi buah pala lebih dari 15 gram sehari. Buah yang dikonsumsi dalam dosis rendah tidak akan menimbulkan efek fisiologis atau neurologis yang nyata. Oleh karena itu, buah ini lebih aman dikonsumsi dalam dosis rendah.

Penggunaan dosis yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam gejala dan bahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, meskipun buah ini berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, Anda tetap harus memerhatikan dosis yang digunakan. Berikut ini beberapa resep obat herbal dari buah pala.

Baca Juga:  Bandotan, Tanaman Herba yang Sering Dianggap Tumbuhan Liar Biasa

Mengatasi susah tidur dan menenangkan diri

Bahan-bahan:

  • 5—15 gram serbuk pala
  • Segelas susu atau jus apel

Cara membuat:

  • Campurkan serbuk pala ke dalam segelas susu atau jus apel
  • Minum ramuan untuk memudahkan tidur atau menenangkan diri

Meningkatkan stamina

Anda bisa meningkatkan stamina dengan cara memakan manisa buah pala atau meminum siropnya secara langsung tanpa campuran bahan lainnya.

 

Loading...
Loading...