Simak Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Pertanianku — Jeruk nipis sangat mudah untuk ditemukan karena sering dicampur ke dalam masakan yang berkuah ataupun jenis masakan lainnya. Buah jeruk yang mungil nan asam ini dapat menambah cita rasa menyegarkan pada masakan. Namun, di balik rasanya yang sangat asam, jeruk nipis ternyata bisa digunakan untuk kesehatan. Manfaat jeruk nipis bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

manfaat jeruk nipis
foto: pixabay

Jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin, dan naringin. Buah yang sudah masak mengandung synephrine dan N-methyltyramine. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat kalsium, fosfor, besi, dan vitamin A, B1, dan C. Manfaat jeruk nipis bisa digunakan untuk menyembuhkan amandel, batuk, peluruh dahak, peluruh kencing dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Rasa asam pada jeruk nipis bisa membantu membersihkan nikotin para perokok yang biasanya menyangkut di gigi dan mulut. Namun, pada beberapa kasus, minuman yang terlalu asam dapat menyebabkan gigi kontak dengan asam dan mengakibatkan gigi sensitif serta linu. Sebaiknya, konsumsi jeruk nipis dalam dosis yang wajar.

Berikut ini beberapa resep ramuan obat herbal dari jeruk nipis.

Amandel

Gunakan kulit jeruk nipis yang sudah dicuci, lalu dipotong-potong. Rebus kulit jeruk nipis dan gunakan air rebusan tersebut setelah dingin untuk berkumur pada penderita amandel.

Anyang-anyang

Peras dua buah jeruk nipis dan berikan tambahan gula batu secukupnya serta segelas air panas. Minum sekaligus ramuan tersebut selagi masih hangat untuk seseorang yang terkena anyang-anyang.

Batuk dan flu

Peras satu buah jeruk nipis dan campur rata dengan satu sendok madu, lalu berikan sedikit garam. Saring ramuan dan minum sebanyak 2—3 kali sehari untuk meredakan batuk dan flu.

Baca Juga:  Pestisida Organik untuk Mengatasi Hama Semut

Melancarkan kencing dan melarutkan batu ginjal

Peras dua buah jeruk nipis dan aduk dengan segelas air hangat. Minum ramuan tersebut setelah makan. Lakukan treatment ini secara rutin untuk melarutkan batu ginjal dan melancarkan kencing.

Difteri

Campur air perasan dua buah jeruk dengan segelas air panas dan satu sendok makan madu. Minum atau gunakan air ramuan untuk berkumur-kumur, lakukan sebanyak tiga kali sehari.

 

 


loading...