Simak Perbedaan Sidat dan Belut yang Tampak Mirip

Pertanianku — Meskipun tampak mirip, sidat dan belut sebenarnya merupakan jenis ikan yang berbeda. Perbedaan sidat dan belut dapat dilihat dari familinya. Belut termasuk dalam famili Synbranchidae, sedangkan sidat famili Anguillidae. Berikut ini perbedaan sidat dan belut lainnya yang dapat Anda temukan

perbedaan sidat dan belut
foto: pixabay

Belut merupakan ikan tidak bersirip dan sidat ikan bersirip

Belut adalah ikan yang tidak memiliki sirip di bagian punggung, sirip dada, dan sirip dubur. Semua sirip di badan belut berubah menjadi sembulan kulit yang tidak beruas dan berjari. Selain tidak memiliki sirip di badan, belut juga tidak memiliki sisik dan sirip di perut.

Loading...

Berbeda dengan belut, sidat memiliki sirip di bagian punggung, sirip dada, dan sirip dubur yang sempurna. Sirip punggung dan sirip perut sidat sempurna memanjang ke belakang dan menyatu ke sirip ekor. Sirip dada yang terlihat di kedua sisi badan sidat merupakan hal yang paling bisa membedakan sidat dengan belut.

Ada sebagian orang yang menyebutkan bahwa sidat adalah ‘belut bertelinga’. Hal itu disebabkan oleh adanya sepasang sirip dada sidat yang terletak di bagian belakang kepala sehingga menyerupai daun telinga.

Tempat hidup

Dari kecil hingga dewasa, belut hanya hidup di perairan air tawar yang berlumpur. Belut juga hidup di sungai atau rawa-rawa yang tawar dan payau.

Sementara, sidat merupakan hewan yang dapat ditemui di mana pun, kecuali di daerah kutub. Sidat merupakan ikan yang bersifat predator, yaitu memangsa hewan atau ikan lainnya yang berukuran lebih kecil darinya.

Warna tubuh

Belut memiliki warna tubuh kuning kecokelatan seperti lumpur tanah. Sementara, tubuh sidat berwarna abu-abu gelap pada bagian punggung, dan pada bagian dada/perut berwarna keputihan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Penyakit Ikan Koi

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh belut dan sidat sama-sama menyerupai ulat. Namun, belut memiliki bentuk tubuh yang panjang ke belakang dengan kulit berlendir. Sementara, tubuh sidat bersisik kecil-kecil membujur ke belakang. Sisik-sisik kecil di tubuh sidat berkumpul dalam kumpulan kecil dan masing-masing terletak miring pada sudut siku.

Loading...
Loading...