Simak Syarat Ini agar Ternak Mendapatkan Pakan Ideal

Pertanianku — Pakan yang baik merupakan pakan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi hewan ternak. Namun, kecukupan nutrisi saja tidak cukup, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar pakan yang diberikan dapat memberikan hasil optimal. Berikut beberapa syarat pakan ideal yang dapat Anda perhatikan.

pakan ideal
foto: pixabay

Cukup dan kontinu

Syarat pertama untuk pakan ideal adalah ketersediaan yang cukup dan berkelanjutan. Ternak sangat membutuhkan pakan yang diberikan secara rutin setiap harinya dengan jumlah yang cukup. Selain pakan, konsentrat sebagai nutrisi tambahan juga perlu diberikan secara cukup dan kontinu.

Loading...

Hal yang harus diantisipasi oleh para peternak adalah saat masuk musim kemarau. Biasanya, pada musim tersebut rumput menjadi kering sehingga persediaan pakan untuk ternak akan berkurang. Oleh karena itu, salah satu alternatif untuk ketersediaan pakan, Anda dapat mengolah hijauan seperti rumput dan daun menjadi pakan kering yang dapat tahan lama, seperti hay, biskuit daun, dan beberapa macam makanan olahan yang terbuat dari pabrik.

Harga terjangkau

Harga juga merupakan salah satu syarat agar pakan yang diberikan ideal. Harga pakan akan berpengaruh terhadap biaya perawatan. Jika harga pakan terlalu mahal, harga ternak akan menjadi mahal.

Efisiensi harga pakan dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahan pakan alternatif seperti limbah pertanian yang memiliki harga jual rendah. Limbah pertanian sendiri meskipun sisa produksi tetap memiliki kandungan yang dibutuhkan ternak.

Disukai ternak

Pakan yang telah ditentukan harus disukai oleh ternak atau palabilitas, agar pakan tidak sia-sia. Oleh karena itu, peternak wajib mengetahui jenis pakan apa saja yang disukai. Misalnya saja, rumput gajah, odot, gamal, dan indigofera.

Sama halnya dengan pakan, konsentrat juga harus disukai oleh ternak. Oleh karena itu, tidak jarang apabila Anda menemukan konsentrat yang sudah ditambah cita rasa seperti penambahan garam.

Baca Juga:  Cara Paling Umum Membuat Konsentrat

Nutrisi lengkap

Nutrisi merupakan tujuan utama dari pemberian pakan yang dilakukan secara kontinu. Jika nutrisi tidak lengkap, hasil yang akan didapatkan tidak akan optimal.

Tidak bersaingan dengan manusia

Bahan yang digunakan sebagai pakan sebaiknya tidak bersaingan dengan manusia. Misalnya, jagung. Jika jagung digunakan untuk pakan ternak, akan menyebabkan harga fluktuatif. Oleh karena itu, peternak lebih sering menggunakan pelepah, bonggol, dan daunnya sebagai bahan pakan.

Loading...
Loading...