Simak Tahapan Panen Cacing Sutera yang Benar

Pertanianku — Panen merupakan tahapan penting untuk dilakukan setelah proses budidaya. Proses panen cacing sutera harus dilakukan dengan benar untuk menghasilkan kualitas cacing yang bagus dan memudahkan kegiatan panen selanjutnya. Yuk, simak penjelasan tahapan panen cacing sutera yang benar di bawah ini.

panen cacing sutera
foto: pertanianku

Wadah yang dapat dipanen adalah wadah yang telah memiliki kepekatan lumpur yang terasa kental dan warnanya agak kemerahan. Hal itu menandakan bahwa wadah sudah dipadati oleh koloni cacing. Memanen koloni cacing sutera terbilang cukup mudah. Anda dapat mengambil koloni beserta lumpur atau media dengan bantuan serokan.

Koloni yang sudah diambil dari wadah diletakkan pada wadah lain dan dicuci hingga bersih. Pemanenan yang baik dilakukan pada pagi atau sore hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari paparan sinar matahari yang terlalu terik.

Loading...

Panen sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan tidak mengambil seluruh koloni yang berada dalam satu wadah atau kolam. Panen dilakukan dengan mengambil sebagian dan menyisakan sebagian lainnya yang dapat digunakan sebagai benih untuk masa periode pemeliharaan berikutnya. Selain itu, dengan cara seperti itu dapat memberikan kesempatan pada cacing muda untuk tumbuh lebih besar lagi.

Sistem panen ini dapat dilakukan dengan cara mengambil koloni cacing yang berada pada lapisan atas media, dan menyisakan koloni yang berada pada bawah wadah media. Panen cacing sutera hasil budidaya sering dinamakan dengan sistem kering. Waktu panen terbilang lebih singkat dan hasil cacing sutera lebih bersih. Panen dilakukan juga untuk mengurangi volume cacing sutera dalam satu wadah. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

  1. Ambil koloni cacing sutera dari wadah beserta dengan media lumpur atau substrat, lalu masukkan cacing ke wadah lainnya.
  2. Masukkan cacing sutera yang masih bercampur media ke serokan, lalu aliri air untuk meluruhkan media sehingga hanya menyisakan cacing. Taruh cacing ke dalam wadah.
  3. Masukkan cacing ke wadah yang agak besar, lalu goyang-goyangkan wadah tersebut. Masukkan kembali cacing ke serokan untuk dialiri air lagi. Lakukan terus hal tersebut hingga media lumpur benar-benar bersih dari tubuh cacing.
  4. Cuci cacing dengan cara merendamnya ke dalam wadah pencucian. Lalu, tiriskan air yang masih bercampur dengan cacing hingga kering.
  5. Letakkan cacing pada wadah kosong, kemudian tutup rapat wadah tersebut dengan plastik atau nampan lainnya agar bagian dalam wadah gelap, lalu biarkan 2—3 jam.
  6. Setelah itu, cacing sutera murni akan berkumpul ke bagian atas wadah dan akan terpisah dari lumpur yang masih tersisa atau terbawa.
  7. Ambil cacing sutera tersebut dan letakkan ke dalam tempat karantina. Cacing sudah siap untuk dijual.
Baca Juga:  Langkah Mudah Mengobati Itik yang Cacingan
Loading...
Loading...