Simak Tips Memilih Ikan Asin Enak

Pertanianku — Sebagai salah satu olahan ikan laut yang digemari, popularitas ikan asin tak perlu diragukan lagi. Ikan asin bisa diolah menjadi beragam menu yang menggugah selera. Bahan baku ikan asin yang baik tentu akan memberikan cita rasa yang lezat pada masakan. Berikut ini tips memilih ikan asin yang patut Anda coba.

memilih ikan asin
Foto: pixabay

Ikan asin sudah lama dikenal sebagai lauk. Metode pengawetan dengan cara mengasinkan dan mengeringkan ikan terbukti bisa membuat ikan menjadi lebih tahan lama. Selain itu, muncul pula rasa khas dari ikan asin, yakni rasa asin karena penggaraman saat dilakukan penjemuran di bawah sinar matahari.

Cara memilih ikan asin yang enak bisa dilihat dari rasa dan aromanya. Ikan asin yang baik tentu saja memiliki rasa asin yang dominan. Rasa asin ini timbul akibat perendaman ikan dalam air garam sebelum penjemuran.

Loading...

Dari segi aroma, ikan asin yang baik juga memiliki aroma yang lebih sedap. Ikan asin dengan bau menyimpang patut dicurigai telah diolah dengan berbagai bahan tambahan yang berbahaya bahkan dilarang oleh pemerintah.

Selain dari rasa dan aromanya, kualitas ikan asin juga bisa dinilai dari teksturnya. Ikan asin yang baik akan bertekstur padat. Saat ditekan, ikan asin ini tidak mudah hancur dan rontok. Berbeda dengan ikan asin kualitas rendah yang mudah menjadi remah-remah. Hal ini pun menandakan teknik pengasinan ikan berjalan tidak sempurna.

Terakhir, Anda bisa mencari tahu lokasi pembelian ikan asin di pusat pembuatannya langsung. Cara ini bisa dilakukan untuk meyakinkan diri karena Anda bisa melihat sendiri teknik pengasinan yang dilakukan oleh para nelayan.

Jangan panik jika ikan asin yang Anda beli ternyata dihinggapi lalat. Menurut para nelayan, hal tersebut cukup wajar mengingat ikan asin adalah bahan makanan organik yang juga menjadi incaran makhluk hidup lain. Hal ini justru bisa menjadi tanda ikan tidak menggunakan zat berbahaya dalam proses pengawetannya.

Baca Juga:  Tips Memilih Kepiting Berdaging Tebal

Mengetahui hal tersebut, sebaiknya Anda mencuci dengan benar ikan asin yang akan diolah. Selain mengurangi rasa asin yang melekat, pencucian juga bertujuan menghilangkan kemungkinan kontaminasi ikan asin dengan lalat dan zat berbahaya lainnya.

Loading...
Loading...